Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan (RSUD Tapsel), Sumatera Utara, meraih akreditasi tingkat Paripurna dari Kementerian Kesehatan RI dan Lembaga Administrasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI).

Direktur RSUD Tapsel Firdaus Batubara di Sipirok, Rabu (27/12), mengatakan sertifikat Akreditasi Paripurna menunjukkan peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang berdampak kepada masyarakat.

"Akreditasi paripurna tidak lepas dari adanya kerja sama dengan Dinas Kesehatan Tapsel dan pemangku kepentingan lain serta dukungan penuh Bupati Tapsel Dolly Pasaribu," kata Firdaus.

Dia melanjutkan, proses reakreditasi RSUD Tapsel dilakukan oleh tim penyurvei pada 16-17 Desember 2023 dengan 15 elemen penilaian untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Tapsel Rudi Iskandar berharap RSUD Tapsel dapat mempertahankan akreditasi paripurna dan bahkan dapat meningkat lagi ke depan.

"RSUD tidak saja sebagai pusat pelayanan perawatan kesehatan, tetapi juga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tapsel," kata Rudi.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu juga menyambut baik serta mengucapkan selamat atas diterimanya akreditasi paripurna oleh RSUD Tapsel, dengan harapan pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik.

"Bukan cuma RSUD, kita akan terus mendorong pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayah ini agar mendapatkan juga akreditasi paripurna dalam rangka mewujudkan masyarakat Tapsel sehat, cerdas, dan sejahtera," tutur Bupati.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023