Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas fasilitator bagi Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Madya dan Wira di wilayah itu.

"Pelatihan ini penting mengingat PMR merupakan garda terdepan PMI. Jadi butuh profesional dan proporsional," kata Ketua PMI Tapsel Sarjan Lubis pada Minggu.

Ia lanjut mengatakan, pelatihan fasilitator PMR tingkat madya-wira tersebut diadakan di Aula KPN Budi Luhur di Kota Padangsidimpuan 16-17 Desember 2023. Nara sumbernya dari PMI Provinsi Sumatera Utara. 

"Kiranya melalui pelatihan yang diikuti relawan emas PMI tergabung di KSR-TSR serta tenaga pendidik dari SMP dan SMA/sederajat di Tapsel dapat menerapkan 7 prinsip dasar gerakan dan tri bakti PMR, dan contoh di Sumut," harap Sarjan.

Beni, pembina PMR SMP Negeri 1 Batang Toru, mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat sekali, mengingat SMP Negeri 1 Batang Toru baru saja membentuk PMR.

"Kadi kami sama sekali butuh pemahaman mengenai materi dan metode pembinaan PMR di Sekolah," kata Beni seraya berterima kasih kepada PMI Tapsel.

Lebih jauh Sarjan menyatakan seluruh peserta pelatihan fasilitator PMR tingkat madya dan wira tersebut akan mendapatkan sertifikat.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023