Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan, resmi meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) pada acara High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) serta Sosialisasi KKPD.

"Dengan diluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) berharap kedepanya dapat meningkatkan pendapatan asli Daerah, menciptakan transparansi, dan meningkatkan pengelolaan keuangan Kota Sibolga," ujar Wali Sibolga di Aula Graha Aulia Bank Indonesia (BI) Sibolga. Selasa(12/12).

Lanjutnya, kepada TP2DD dan OPD terkait, termasuk pengelola pajak dan retribusi daerah agar turut serta mensukseskan peningkatan pendapatan asli Daerah.

"Kita harus turut serta mensukseskan kegiatan ini untuk meningkat pendapatan asli Daerah guna kesejahteraan masyarakat Kota Sibolga," ungkapnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) BI Sibolga Yuliansah Andrias, dikesempatan tersebut menegaskan komitmennya dalam mendukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi di Kota Sibolga.


"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, bersama dengan Pemerintah Kota Sibolga kita optimis bahwa peluncuran KKPD ini akan memberikan dampak positif terhadap efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan daerah, serta mendorong stimulasi perekonomian masyarakat melalui belanja pemerintah Daerah," ucapnya.

Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, dalam laporannya, menjelaskan bahwa Kota Sibolga telah mencapai status digital sebesar 92.5 persen menunjukkan progres signifikan dalam elektronifikasi transaksi pemerintah daerah. Evaluasi kinerja TP2DD semester pertama tahun 2023 mencatat implementasi e-TPD untuk 6 jenis pajak dan 5 jenis retribusi Daerah.

"Untuk mencapai status Smart City, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga akan dijadikan komunitas digital. Acara ini juga menandai peluncuran KKPD, sebagai langkah awal kita untuk menuju efisiensi dan peningkatan realisasi pendapatan Daerah," katanya.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi KKPD oleh Bank Sumut Sibolga, dihadiri oleh para staf ahli, asisten administrasi pembangunan dan umum, pimpinan OPD, dan pimpinan Bank Sumut Cabang Sibolga.

Pewarta: Tamy Arfandhi Sianturi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023