PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1 di Belawan melakukan sosialisasi pembayaran dengan menggunakan kartu untuk masuk ke pelabuhan atau e-pass. 

"Sesuai arahan direksi ke depan untuk masuk ke pelabuhan dengan menggunakan sistem digitalisasi dan tidak ada lagi manual," ujar Manajer Bisnis Terminal Pelindo Regional I Cabang Belawan Irfan Fitriadi di Medan, Sumatera Utara, Selasa. 

Untuk itu, dia mengatakan diberlakukan pada 1 Desember 2023 ini pihaknya masih tahap sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan, yang bekerja di pelabuhan maupun umum yang masuk ke pelabuhan.

"Saat ini masih tahap sosialisasi, hanya saja jika efektif e-pass ini dijadwalkan diberlakukan pada awal Januari 2024 sudah diberlakukan e-pass ini setiap kendaraan yang masuk," ucapnya. 

Sedangkan kata Irfan untuk pengisian e-pass nantinya pihaknya telah membuat tempat pengisian saldo yang berada di depan pintu masuk pelabuhan tersebut. 

Sementara untuk perusahaan-perusahaan yang bekerja sama di tempat ini yang akan masuk ke pelabuhan, tinggal mendaftarkan plat kendaraan agar dapat masuk ke pelabuhan tersebut. 

"Diharapkan dengan adanya e-pass ini mengetahui jumlah baik dari instansi, perusahaan maupun perorangan yang masuk ke pelabuhan," tutur Irfan.

Pewarta: M.Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023