Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI ) Sumatera Utara menargetkan lima medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Sumut-Aceh.

"Kami optimistis bisa memenuhi target tersebut. Namun tentunya jika Dispora segera membantu sarana pelatihan yang standar seperti stick dan kain pelapis meja biliar," kata Ketua Umum POBSI Sumut Salomo TR Pardede di Medan, Rabu.

Menurut Salomo, dua peralatan yang dibutuhkan itu nantinya akan sangat membantu untuk mencapai prestasi yang diharapkan.

"Kalau memakai alat yang standar, akurasi pukulan akan semakin baik. Target kita masih tetap 5 emas di PON mendatang. Ukurannya dari hasil perolehan 5.medali perak dan 7 perunggu di PON Papua 2021 lalu, bisa dinaikkan minimal 5 emas 7 perak," katanya.

Pada sisi lain, Salomo juga menyampaikan, sebagai upaya untuk semakin mengasah kemampuan dan jam terbang atlet, pihaknya mengirimkan atlet binaannya untuk mengikuti berbagai kejuaraan, baik dalam negeri maupun luar negeri seperti ke ke India, Thailand, Jepang , Singapura dan ter akhir pada akhir November lalu di Malaysia.

Salomo mengakui, keikut sertaan bertanding diberbagai kejuaraan dalam dan luar negeri itu, selain untuk menaikan peringkat nasional , sekaligus mengukur kemampuan pebiliar Sumut selama menjalani Pelatda persiapan menghadapi PON XXI/2024.

" Kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah melalui KONI Sumut yang kerap membantu ketika para atlet mengikuti berbagai kejuaraan. Kami menyadari jam terbang yang tinggi merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan seorang atlet," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023