Polres Serdang Bedagai (Sergai) mengedepankan sikap humanisme saat mengamankan demonstrasi buruh di wilayah hukumnya, Senin.

"Kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk memastikan bahwa aksi unjuk rasa berjalan dengan aman dan tertib," ujar Kabag Ops Polres Sergai Kompol Lengkap Suherman di Serdang Bedagai, Senin.

Demonstrasi di Serdang Bedagai dilakukan ratusan anggota Serikat Pekerja Perkebunan dan Kehutanan Federasi Serikat Pekerja Meetal Indonesia (PUK SPPK - FSPMI) di PT Sri Rahayu Agung Kecamatan Kotarih.

Suherman menyebut bahwa pengamanan aksi unjuk rasa atau penyampaian pendapat di muka umum merupakan salah satu pelayanan Polri terhadap masyarakat.

"Saat unjuk rasa berlangsung, personel yang melakukan pengamanan dengan sikap persuasif, tetapi tetap tegas. Ketegasan itu agar tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya serta ketertiban umum," kata dia.

Dalam aksi tersebut, kata Suherman, massa dari buruh menyampaikan sejumlah tuntutan dan pihak perusahaan menampung aspirasi para buruh tersebut.

"Terkait tuntutan para pengunjuk rasa diterima atau tidak itu merupakan wewenang dari pihak perusahan. Kami hadir di lokasi untuk menjaga keamanan dan memberikan pengamanan maksimal bagi semua pihak yang terlibat," tutur dia.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023