Pemerintah menjadikan Pesta Rakyat Danau Toba sebagai festival yang akan diselenggarakan setiap tahun untuk lima tahun ke depan dan diharapkan dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan Danau Toba.

Direktur Pemasaran dan Pariwisata InJourney, Maya Watono, menyebutkan untuk pertama kalinya Pesta Rakyat Danau Toba akan diselenggarakan selama lima hari pada 22 – 26 November 2023 di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. 

"Pesta Rakyat Danau Toba ini akan mendampingi ajang olahraga air bertaraf internasional, Aquabike Jetski World Championship. Bagi warga dan wisatawan yang akan berkunjung ke ajang tersebut tidak dipungut biaya alias gratis," katanya kepada pers di Medan, Jumat.

Ia menyebutkan untuk Aquabike Jetski World Championship yang dilaksanakan selama lima hari di empat kabupaten, pihaknya memperkirakan bisa menarik lebih banyak pengunjung, yakni sekitar 80 ribu hingga 100 ribu penonton. 

Pihaknya ingin ke depan Pesta Rakyat Danau Toba ini bisa menjadi festival yang meriah, yang mampu menarik lebih banyak wisatawan. Dengan demikian "sustainable development of tourism and water sport" ini bisa terjaga di Danau Toba.
Aquabike Jetski World Championship Danau Toba 2023 akan diikuti 118 riders dari 22 negara. Mereka terdiri atas 77 riders kategori circuit dan 41 riders kategori endurance. 

Tiga riders Indonesia sudah mengonfirmasi keikutsertaannya pada Aquabike Jetski World Championship. Selain itu, ada 300 kru yang akan mendampingi para pebalap tersebut. 

"Jumlah pebalap dan kru perbandingannya 1 banding 3, karena ini pertama kali pelaksanaan di Danau Toba, jadi safety is priority. Kita ingin memastikan sepanjang lima hari, pembalap bisa melintas seluruh parameter Danau Toba dengan aman," katanya.

Aquabike Jetski World Championship untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia. Ajang ini sebelumnya telah diselenggarakan di 40 negara, dengan tuan rumah terakhir adalah Italia. 

Sebagai tuan rumah, Indonesia mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Kolaborasi berbagai kementerian mulai dari Kemenpora, Kemenkomarves, Kemenparekraf, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, InJourney selalu BUMN Holding Sektor Aviasi dan Pariwisata, dan juga pemerintah daerah dilakukan untuk memastikan kegiatan  terselenggara dengan baik.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023