Dua tim mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2023 yang akan digelar di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat.

Hal ini sesuai dengan surat pengumuman Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor :2416/J7.1/PN.00/2023 tertanggal 6 November 2023.

Surat tersebut juga sekaligus undangan untuk mengikuti PIMNAS yang akan dilaksanakan secara luring pada 26 November hingga 1 Desember 2023 di Universitas Padjadjaran, Bandung.

"Alhamdulillah, dua tim mahasiswa FISIP UMSU lolos ke PIMNAS tahun ini dan mereka akan bertarung dengan 525 kelompok lainnya yang berasal dari berbagai PTN dan PTS di Indonesia. Ini pencapaian luar biasa, kami senang dan turut bangga," kata Wakil Dekan 3 FISIP UMSU, Yurisna Tanjung, MAP di Medan, Jumat.

Ia mengatakan dua kelompok mahasiswa yang lolos PIMNAS itu adalah kelompok yang diketuai Zayyan Ramadhanti, dengan anggota Tita Wilda Wegina, Muhammad Rionaldo, dan Aini Tasya Nadria. Mereka masuk dalam tim PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) dengan judul karya ilmiah: "Masojid ni Boru: Bentuk Kearifan Lokal yang Responsif Gender, Sebagai Anti Tesis Budaya Patriarki pada Budaya Batak Angkola".
 


Kemudian kelompok lainnya diketuai oleh Adrian Hariady Napitupulu, dengan anggota Jasmine Jamilah, Tita Wilda Wegina, Muhammad Rionaldo, dan Ridho Saputra Tolo. Mereka masuk dalam tim PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) yang mengusung judul karya ilmiah: "Light Garden; Ecocity-tourism Berbasis Green Energy dan Zero Waste SystemSystem, Upaya Transformasi Pemukiman Kumuh di Sanggar Anak Sungai Deli".

"Kedua Tim PKM ini dibimbing oleh satu dosen yang sama, yaitu Sahran Saputra, S.Sos, M.Sos, dosen tetap FISIP UMSU yang juga Sekretaris Prodi Kesejahteraan Sosial," jelas Yurisna lagi.

Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP merasa yakin bahwa mahasiswanya akan bisa unjuk gigi di ajang PIMNAS nanti.

"Terima kasih kepada rektorat dan lembaga lainnya di UMSU yang sudah memfasilitasi dan mendukung. Mudah-mudahan dua kelompok ini mampu mencuri perhatian di ajang bergengsi dengan berhasil membawa medali emas seperti tahun 2022 yang lalu," katanya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023