Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyatakan semangat Hari Pahlawan merupakan momentum bagi generasi muda untuk senantiasa meneruskan cita-cita para pejuang yang telah banyak berbuat demi bangsa dan negara.

"Sebagai generasi penerus kita wajib melanjutkan cita cita perjuangan para pahlawan yang telah banyak berkorban untuk bangsa dan negara," ujar Hassanudin usai ziarah nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, di Medan, Jumat.

Ia menuturkan semangat dan pengorbanan para pahlawan dapat menjadi motivasi bagi generasi penerus untuk membangun bangsa dan negara pada zaman sekarang.

"Kita harus menghormati dan menghargai nilai nilai kepahlawanan. Kita harus termotivasi agar negara ini menjadi lebih baik lagi," kata Hassanudin.

Momentum Hari Pahlawan ini, Pj Gubernur Hassanudin mengajak masyarakat berperan aktif untuk memberantas peredaran narkoba yang semakin mengkhawatirkan bagi generasi bangsa.

Menurutnya, peredaran dan penyalahgunaan narkoba masih menjadi ancaman bagi generasi muda yang rawan menjadi korban barang haram tersebut.
"Secara nasional yang terpapar narkoba sebanyak 3,3 juta orang dan 1,3 juta orang diantaranya adalah masyarakat Sumut yang terpapar," kata Hassanudin.

Untuk itu ia meminta seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba sehingga Sumut dapat menciptakan generasi yang sehat secara fisik maupun mental.

"Sehat secara fisik maupun mental merupakan hal yang harus dilakukan dalam menyambut Indonesia Emas di tahun 2045," katanya.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengatakan ziarah yang dilakukan ini sebagai bentuk penghormatan pada jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului.

"Mari kita isi Hari Pahlawan ini dengan semangat untuk membangun Sumut, salah satunya memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023