Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara mencatat sebanyak 10.051 orang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) setelah dinyatakan lolos administrasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2023.

"Untuk peserta mengikuti seleksi SKD sesuai lolos syarat administrasi, sebanyak 10.051 peserta. Didominasi pendaftar formasi guru," ujar Kepala BKD Sumut Safruddin di Medan, Rabu.

Ia mengatakan seleksi kompetensi dasar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja di lingkungan kerja Pemprov Sumut dilaksanakan di dua lokasi.

"Untuk di Kota Medan dilaksanakan di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) dan untuk di Nias sebuah gedung kami carikan. Seluruh pelaksanaan SKD ini dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)," kata Safruddin.

Safruddin menjelaskan pelaksanaan CAT dikoordinir langsung oleh Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Kota Medan.

"Seleksi PPPK mulai 12 November 2023. Untuk lokasi di Medan dikoordinir langsung BKN Medan VI Medan," sebutnya.

Safruddin menuturkan bahwa pelaksanaan SKD dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dijadwalkan pada 9 hingga 18 November 2023.

"Jumlah formasi PPPK tahun 2023 di Pemprov Sumut sebanyak  2.386 orang antara lain tenaga guru 2.000 orang, tenaga kesehatan 250 orang dan tenaga teknis 136 orang," katanya.

Ia berharap peserta memanfaatkan seleksi kompetensi dasar tersebut dengan mengikuti tahapan yang berlaku.

"Yang terbaik dan memenuhi syarat untuk PPPK. Harus belajar, karena sistemnya CAT hasilnya langsung ketahuan dan langsung ditabulasi serta dikelola, nilai langsung dirangking tersistem," katanya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023