PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) berinovasi untuk meningkatkan efektivitas dan profesionalitas pelayanan kesehatan unggul melalui PRUPriority Hospitals bagi para pemegang polis. 

President Director Prudential Indonesia Michellina Laksmi Triwardhany menyebut PRUPriority Hospitals bagian dari menjaga kepercayaan nasabah dan mendukung upaya pemerintah untuk mempertegas transparansi, akuntabilitas dan efisiensi pelayanan kesehatan, khususnya verifikasi klaim jaminan kesehatan. 

"Inovasi itu dihadirkan bertepatan dengan ulang tahun Prudential Indonesia ke-28 membuktikan langkah nyata melindungi semua generasi masyarakat Indonesia, melalui inovasi layanan dan produk perlindungan yang terdepan dan berpusat pada nasabah," ujarnya dalam siaran pers di Medan, Rabu (8/11).

Saat ini, kita tengah menghadapi tantangan inflasi biaya medis dari laporan survei terkini Mercer Marsh Benefits menyebutkan, biaya kesehatan di Indonesia diprediksi meningkat hingga 13,6% di 2023. Prediksi ini melebihi proyeksi inflasi medis di Asia sebesar 11,5%, dan melebihi inflasi keuangan Indonesia di 2022 sebesar 5,5%.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan adanya kenaikan signifikan hingga 35,3% pembayaran klaim asuransi kesehatan di Semester I tahun 2023. 

Selain itu, tantangan lainnya di Indonesia belum diberlakukan kebijakan nasional mengenai tarif layanan medis maksimal. Hal-hal tersebut mendorong potensi peningkatan biaya pengobatan, dan juga mengakibatkan potensi perbedaan tarif perawatan.


Makanya, terang dia, PRUPriority Hospitals sebagai tanggapan atas responsif dinamika kebutuhan masyarakat, kondisi pasar, dan biaya kesehatan dari masa ke masa.

Tujuannya agar nasabah senantiasa memiliki peluang terbaik untuk meraih manfaat kesehatan terdepan dan berkesinambungan atas polis asuransi yang dimiliki.

"Secara khusus, PRUPriority Hospitals hadir untuk memberikan kualitas proteksi unggul dan menyeluruh, yakni memberikan nilai lebih kepada nasabah berupa efektivitas proses persetujuan klaim, transparansi estimasi biaya perawatan sesuai jalur klinis di rumah sakit, serta peningkatan mutu layanan kesehatan berbasis bukti medis," jelas Michellina.

Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia dr Dian Budiani menambahkan bahwa mayoritas nasabah Prudential Indonesia memiliki manfaat kesehatan dalam polis asuransinya. 

Dia mengaku ketika nasabah memutuskan untuk membeli produk asuransi kesehatan, mereka berharap mendapatkan kenyamanan saat menerima perawatan medis, baik saat rawat jalan, sebelum dan setelah rawat inap, maupun saat rawat inap. 

Hingga kini, program PRUPriority Hospitals telah menjalin kemitraan strategis dengan 142 rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang tersebar pada 20 provinsi di Indonesia. 

"Secara berkala kami meninjau proses penjaminan klaim dilakukan nasabah dan menyederhanakan proses, sehingga saat rawat inap bisa pulang lebih cepat tanpa menunggu surat jaminan akhir. Hal ini penting agar nasabah bisa lebih cepat pemulihan di rumah," kata Dian.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023