H Syahrul M Pasaribu, SH, Tokoh yang pernah 2 kali mendapat predikat Sahabat Pers Sumatera Utara (Sumut)  berharap Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dapat memberikan warna yang baru sebagai organsiasi pers di Kota Padangsidimpuan.

Hal itu disampaikan H Syahrul M Pasaribu saat menerima pengurus SMSI Kota Padangsidimpuan jelang pelantikan 11 November mendatang .
 
Dukungan disampaikan saat Ketua Mandataris SMSI Padangsidimpuan, Khairul Arief, dan Pengurus berbincang dengan Syahrul M Pasaribu, Sabtu (4/11).

Menurut Syahrul, di era keterbukaan informasi publik saat ini, memang peranan media siber di dunia pers sangat signifikan. Di mana, dengan dukungan kecanggihan teknologi pula, media siber bisa menyajikan berita detik itu juga.

“Tentunya, kawan-kawan yang ada dan tergabung di SMSI Kota Padangsidimpuan saya yakin juga memperhatikan keakurasian dan fakta dalam penyajian berita. Walau tetap cepat dalam menyajikan berita tapi jangan mengesampingkan kebenaran," kata Syahrul.

Lanjut Syahrul, disamping itu media siber dapat juga mendidik masyarakat, sehingga berkarakter baik yang pada akhirnya dapat menumbuhkan integritas, jelas mantan Sekretaris DPD KNPI Provinsi Sumatera Utara itu.

Tak lupa mantan Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut itu juga mengurai, metode penulisan berita tidak lagi hanya dengan 5W + 1H (What, Who, When, Why, Where) + (How). Lebih dari itu, wartawan media siber kerap memasukkan 3 unsur.

“3 unsur itu adalah (share, safety, and solution). Artinya apa, kebutuhan zaman akan informasi sudah kian tingginya. Maka, saya memandang perlu, SMSI hadir di Padangsidimpuan,” terangnya.

Syahrul juga berharap, kiranya SMSI bisa memberi warna baru dan dapat berkolaborasi aktif dengan segenap pemangku kepentingan di Kota Padangsidimpuan apalagi SMSI Kota Padangsidimpuan yang pertama di Tabagsel dan yang kedelapan belas dari 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Sehingga, SMSI hadir tidak hanya sekedar kumpulan wartawan media siber belaka, tetapi dapat dapat mewarnai akselerasi pembangunan khususnya di Kota Padangsidimpuan dan pada umumnya di daerah Tabagsel, katanya.

Sebelumnya, Ketua Mandataris SMSI Kota Padangsidimpuan, Khairul Arief beserta rekan-rekan mengundang Syahrul M Pasaribu agar hadir pada pelantikan nanti dengan kapasitas sebagai tokoh "Sahabat Pers".

“Direncanakan pelantikan akan kami gelar, Sabtu (11/11) mendatang. Kami berharap, bang Syahrul bisa berkenan hadir selaku Sahabat Pers Sumut, untuk memberi testimoni atas pengalaman empirisnya yang bergaul dengan insan Pers baik dalam jabatan politiknya dilembaga legislatif dan dalam memimpin eksekutif selaku Bupati Tapsel masa itu,” ucap Arief, sapaan karib jurnalis LKBN Antara.

Ia juga berjanji, ke depan bersama rekan-rekan Pengurus SMSI Kota Padangsidimpuan, akan melakukan kolaborasi aktif ke segenap stake holder. Membenarkan apa yang dikatakan Syahrul, SMSI juga hadir guna memenuhi hasrat publik dalam memperoleh kecepatan dan keakuratan informasi.

“Kami mohon dukungan dan bimbingan dari bang Syahrul, agar kami tetap bisa berkiprah dengan baik lewat orgasisasi Pers sesuai Undang-Undang pers khususnya di Kota Padangsidimpuan,” tuturnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023