PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara memastikan keandalan suplai tenaga listrik tanpa kedip di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang dalam memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) Ke- 78.

"Suplai listrik di Bandara Kualanamu dipastikan andal dan memiliki beberapa skema pengamanan sehingga operasional penerbangan berjalan lancar," kata General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid dalam keterangannya di Medan, Senin.

Awaluddin menyebutkan bahwa PLN memberi perhatian pada kelistrikan di Bandara Kualanamu.

"Kami (PLN) selalu berupaya menghadirkan kelistrikan yang berkualitas dengan layanan tanpa kedip. Upaya yang dilakukan ini mendapatkan apresiasi dari Direksi PLN," ucapnya.

PLN UP3 Lubuk Pakam berkolaborasi dengan PLN UP2D Sumatera Utara melakukan simulasi sistem kelistrikan Bandara Kualanamu yang merupakan salah satu objek vital nasional sekaligus gerbang pintu masuk akses utama ke Provinsi Sumut.
 


Manager of Electrical and Mechanical Facility PT Angkasa Pura Aviasi, Bambang Nugroho mengapresiasi PLN atas perhatian dan kontribusi untuk suplai keandalan pasokan listrik di Bandara Kualanamu.

Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar sampai pukul 03.00 WIB sehingga tidak akan mengganggu rencana jadwal penerbangan.

"Kami (AP Aviasi) mengucapkan terimakasih kepada tim PLN UID Sumut. PLN UP3 Lubuk Pakam bergerak cepat menanggapi keluhan kami. Seluruh ujicoba simulasi kelistrikan berjalan dengan baik dan lancar," kata Bambang.

Simulasi dilakukan melalui tujuh tahapan uji coba, mulai dari penyulang utama, penyulang back up 1, back up 2, Outgoing I dan Outgoing II.

Hasilnya, semua peralatan beroperasi dengan baik dan sistem _ Supervisory Control And Data Acquisition_ (SCADA) yang terpasang juga beroperasi dengan baik.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023