Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menyatakan Safari Jumat yang salah satunya menyerap aspirasi masyarakat menjadi program pemerintah kota yang sudah terjadwal.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan Abu Kosim Nasution di Medan, Jumat, mengaku program ini menjadi implementasi pemerintah membangun kualitas keimanan  Muslim di Kota Medan.

"Sekaligus upaya mewujudkan pusat peradaban Islam secara menyeluruh, dan kita tidak serta merta berharap hal yang instan," kata Kosim dalam Safari Jumat Pemkot Medan di Masjid Quba, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan.

Namun, lanjut dia, melalui Safari Jumat ini menjadi langkah awal serta permulaan yang diharapkan dapat menyentuh seluruh lapisan warga Kota Medan diawali dari masjid.

Menurutnya masjid tentu sangat akrab dalam kehidupan kita, dan bukan hal baru bagi kita sebagai umat Islam karena memiliki peran yang strategis sebagai pusat ibadah.

"Adanya Safari Jumat ini, Pemkot Medan berupaya keberadaan masjid di Kota Medan menjadi pusat pemberdayaan umat muslim. Hal ini tertuang dalam program masjid mandiri dicanangkan bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution," paparnya.

Baca juga: Pemkot Medan kaji kesemrawutan kabel telkom rusak keindahan kota



Abu Kosim juga menyebutkan pelaksanaan Safari Jumat ini lebih istimewa di Masjid Quba, karena pihaknya teringat akan Masjid Quba di Kota Madinah, Arab Saudi.

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun dengan tangan Rasulullah SAW, dan diyakini semangat ketaqwaan Masjid Quba ini tidak kalah dengan Masjid Quba di Madinah.

Dalam Safari Jumat ini, Pemkot Medan menyerahkan bantuan di antaranya dana pembangunan Masjid Quba Rp50 juta, bantuan sosial Rp10 juta, akte pendirian koperasi, gerobak usaha dan peralatan tenis meja.

"Mari kita menjadi  Muslim yang berani menyampaikan syiar Islam kepada siapapun dengan tetap rendah hati," tuturnya.

Ketua Badan Kenaziran Masjid Quba Muslim mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah memberikan bantuan renovasi masjid ini.

Pihaknya menyebut Masjid Quba ini merupakan masjid tertua di Kecamatan Medan Belawan yang berdiri pada 1953 dan sudah beberapa kali direnovasi.

"Adapun bantuan itu sudah kami terima, dan bisa dilihat bersama kaca mesjid yang sedang dibangun ini menggunakan dana bantuan dari Pemkot Medan. Terima kasih Pak Bobby atas bantuannya," ungkap dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023