Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan, Sumatera Utara(Sumut)  melatih 30 warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk menjadi kader kesehatan di wilayah setempat.

"Kegiatan ini dibentuk  bertujuan memaksimalkan pelayanan kesehatan warga binaan di lingkungan Lapas Kelas I Medan," ujar Kepala Lapas Kelas I Medan Maju Amintas Siburian di Medan, Rabu.

Ia mengatakan, 30 kader ini dibentuk bekerja sama dengan Puskesmas Helvetia Medan yang terlebih dahulu dilakukan tes kesehatan.

'"Kader kesehatan ini saling bekerja sama dan membantu rekan warga binaan yang sakit atau sedang mengalami masalah kesehatan di blok hunian agar segera mendapatkan penanganan medis awal secara cepat dan tepat," kata Maju.
 

Karena, menurut Kalapas para kader kesehatan tersebut telah diberikan pengetahuan tentang kesehatan dan P3K oleh Puskesmas Helvetia Medan.

"Kader kesehatan ini diharapkan mampu menjadi teladan bagi warga binaan yang lain, melakukan upaya deteksi dini dan respon cepat informasi kesehatan yang menular maupun yang membahayakan. Sekaligus menjadi pendamping bagi warga binaan yang sedang sakit di dalam Lapas," tuturnya.

Sementara itu, perwakilan Puskesmas Medan Helvetia Medan dr Ratna Sudiarti mendukung dengan adanya pembentukan kader kesehatan di Lapas Kelas I Medan.

"Selain membantu WBP lainnya, mereka juga berfungsi untuk memberikan pemahaman tentang HIV dan P3K," katanya.


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023