Parsadaan Alumni Pelajar Padangsidempuan dan Sekitarnya (PAPPSI) berjanji terus berusaha menggiring berbagai program pusat ke wilayah Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan).

Dari Jakarta Ketua Umum PAPPSI Dr Hapendi Harahap SH, SpN, MH pada Rabu, mengatakan usaha penggiringan berbagai program pusat ke Tabagsel wujud nyata dan semangat didirikannya PAPPSI.

Bersama Sekretaris dan Bendahara Umum  PAPPSI, Hapendi Harahap menyatakan sektor pendidikan, sosial budaya, kesehatan, serta lingkungan tidak lepas dari perhatian PAPPSI khususnya ke wilayah Tabagsel.

"Kita ingin kehadiran PAPPSI betul-betul bisa memberikan manfaat langsung bagi masyarakat utamanya masyarakat Tabagsel yang meliputi Padangsidempuan Tapsel, Paluta, Palas, Madina," sebutnya.

Ia mencontohkan baru-baru ini. PAPPSI menggandeng Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang akan melakukan aksi penanaman pohon sebanyak 226.100 batang di Tabagsel.

"Pak Nelwan Harahap Asisten Deputi Kedaruratan dan Managemen Pasca Bencana Kemenko PMK - PAPPSI juga sudah turun ke Tapsel presentase program GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental) tanam pohon vegetasi 10 juta batang," ungkapnya.

Pemkab Tapsel di bawah kepemimpinan Bupati Dolly Pasaribu menyambut baik program GRNM menanam 10 juta pohon.  Apalagi Menko PMK Muhadjir Effendi akan turun ke Tapsel melakukan penanam pohon vegetasi secara serimoni.

"Kiranya program GRNM Kemenko PMK dengan aksi nyata penanaman 226.100 batang di Tabagsel ( 4-5 November 2023) akan bermanfaat bagi masyarakat khususnya alam Tabagsel agar terjaga dari bencana," kata Nelwan menimpali.

Selain menanam pohon, ada juga beberapa program yang dibawa oleh PAPPSI ke Tabagsel antara lain; Museum Tabagsel, Revitalisasi Aksara Angkola, Bantuan Sanggar Seni Budaya dan Koperasi Pesantren.

Di katakan program GNRM dalam aksi nyata kolaborasi Kemenko PMK - PAPPSI tersebut juga di dukung oleh lebih dari 10 Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah di Tapanuli Bagian Selatan.

Di antaranya Kementrian Pertanian,  Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Sosial, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Koperasi dan Usaha kecil dan Menengah, Kementrian Perpustakaan Nasional, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, dan Perpustakaan Nasional.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023