Plt Bupati Padang Lawas ( Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu menghadiri  launching kampung moderasi beragama yang digelar Kementerian Agama ( Kemenag) Kabupaten Padang Lawas ( Palas) untuk dua desa binaan, yakni Desa Paran Julu Kecamatan Aek Nabara Barumun dan Desa Ujung Batu IV Kecamatan Hutaraja Tinggi, di Kantor Kementrian Agama Padang Lawas. Selasa (24/10) kemarin.

Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) mengapresiasi pelaksanan kegiatan Launching Kampung Moderasi Beragama binaan Kemenag Palas ini. 

Launching kampung moderasi beragama ini, diharapkannya, dapat mengembangkan pola pikir untuk saling memahami nilai-nilai moderasi beragama berdasarkan pilar pemahaman komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan menghargai kearifan lokal.

Kemudian program Kampung Moderasi Beragama merupakan program dari Kementerian Agama Republik Indonesia itu, juga diharapkan AZP dapat membentuk sebuah kampung, desa atau kelurahan dengan sifat toleransi untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat, yang bertujuan memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, dan sikap beragama yang moderat.

“Tentu saja, program ini sangat luar biasa yang digagas oleh Kementerian Agama untuk mempromosikan harmoni dan toleransi keagamaan yang menunjukkan nilai-nilai saling menghormati, memahami, dan bekerjasama diantara kelompok agama yang beragama,"kata Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam kutipan sambutannya diacara ini. 

“Konsep moderasi beragama mengajarkan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan ajaran agamanya masing-masing dengan baik dan benar, serta tetap memberikan ruang bagi yang lain untuk menjalankan ajaran agamanya juga dengan baik dan benar”, sambungnya.

,"Saya juga berharap, kampung moderasi beragama ini bisa menjadi roll model bagi desa atau masyarakat lainnya khususnya di Kabupaten Padang lawas. Sehingga ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga harmonisasi kehidupan sosial Masyarakat Kabupaten Padang Lawas,"tambah AZP.

Sebelumnya, Kepala Kantor H. Abdul Manan, MA mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Kajari Palas Teuku Herizal, SH. MH beserta tamu undangan lainnya atas kehadiran mereka di acara ini.

Disampaikan H. Abdul Manan, Kegiatan launching kampung desa moderasi beragama ini sebagai upaya pihaknya untuk membangun kehidupan masyarakat yang solidaritas dalam kehidupan umat beragama agar dapat rukun dan damai dalam melaksanakan ibadah tampa ada rasa ketakutan, melainkan ketenangan dan kenyamanan bagi ke dua warga desa setempat ke depan. 

Kampung Moderasi Beragama ini, diungkapkannya, merupakan program dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Acara ini dirangkai dengan penyerahan SK Kampung Moderasi Beragama binaan Kemenag Palas, oleh Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, didampingi Kakan Kemang Palas H. Abdul Manan MA, kepada masing - masing kapala desa dari dua desa itu.
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023