Plt Bupati Padang Lawas ( Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) memimpin pelaksanaan kegiatan upacara peringatan Hari Santri Nasional ( HSN) tahun 2023, di Lapangan MTs Negeri 1 Padang Lawas, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Minggu (22/10) siang.

Pada kegiatan upacara ini, AZP membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai 
Hari Santri. 

Penetapan 22 Oktober itu, merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi 
mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini  kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. 

,"Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya  selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan 
tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini, peringatan Hari  Santri mengangkat Tema "Jihad Santri Jayakan Negeri"kata AZP.

Kata "jihad" itu, lanjut AZP,  dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, 

melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup  perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan 
memperbaiki diri. 

Maka hari ini, sambung AZP, harus direnungkan bersama bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor  penggerak kemajuan bangsa. 

Dan sebagai santri, katanya, tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari. 

Santri juga, harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan  persaudaraan. 

,"Dan tentunya, kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa  ini. Karena mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang  membentuk kemerdekaan Indonesia. 

Kemudian Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan,"ulasnya.

Kemudian peringatan Hari Santri, disampaikan AZP, bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik bersama, milik semua komponen bangsa yang  mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, ia mengajak semua masyarakat Indonesia, termasuk seluruh warga Kabupaten Padang Lawas apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

,"Terakhir, saya mengajak kita semua untuk selalu berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan kita petunjuk, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri 
yang berkomitmen pada "Jihad Santri Jayakan Negeri." Semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif 
bagi negeri, agama, dan bangsa, amin,"tutur AZP mengutip sambutan Menag Yaqut Cholil Qoumas dikegiatan upacara HSN ini.

Kegiatan upacara HSN ini turut dihadiri Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan, MA, Kapolres Palas AKBP Diari Astetika SIK, Sekda Palas Arpan Nasution, Ketua BSPPL H. Pauzan Hamidy Hasibuan, Ketua BPC HIPMI Palas Putra Mahkota Alam Hasibuan, para pimpinan OPD Pemkab Palas, pimpinan Pondok Pesantren, beserta ribuan santri dari berbagai Ponpes se - Palas dan sejumlah tamu undangan lainnya.
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023