Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam dua hari ke depan sebagian wilayah di Sumatera Utara masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.  

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Lereng Timur, Pantai Timur, pegunungan, Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Aryo Prasetyo Mulyo, Jumat.

Ia merinci secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas sedang di wilayah Mandailing Natal dan sekitarnya.  

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Kepulauan Nias, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di di wilayah Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Simalungun, Karo, Dairi, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Sibolga, Samosir, Toba, Padang Lawas, Mandailing Natal dan sekitarnya.  

Dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Mandailing Natal, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 15–30.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60–98 persen, dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023