Kementerian Agama (Kemenag) Kota Medan, Sumatera Utara, meminta Wali Kota Bobby Nasution menjadi pembina upacara Hari Santri Nasional Kota Medan 2023.

Kepala Kantor Kemenag Kota Medan Impun Siregar di Medan, Sumut, Rabu, mengatakan, Hari Santri Nasional digelar di Pesantren Ulumul Quran, Jalan Timor Ujung pada 22 Oktober 2023.

"Hari Santri Nasional ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Kami berharap Pak Wali dapat mendukung sekaligus menjadi pembina upacara," tutur Impun yang juga sebagai pembina pondok pesantren Kota Medan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebutkan, Pemkot mendukung penuh pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional Kota Medan tahun ini.

"Apa yang perlu Pemkot Medan bantu, silakan disampaikan. Insya Allah, jika tak ada halangan saya akan hadir menjadi pembina upacara," katanya.

Sebab, lanjut dia, pesantren merupakan salah satu tempat untuk mendidik dan membentuk karakter generasi penerus bangsa, khususnya di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara.
 



Wali kota berharap para santri di Kota Medan membawa hal positif dan semangat, sehingga dapat mempersiapkan diri dalam memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

"Termasuk juga bagi bangsa Indonesia dengan nilai-nilai agama yang diperoleh selama di pondok pesantren," ungkap Bobby.

Baca juga: Wali Kota Medan: Normalisasi Sungai Deli berjalan sesuai rencana

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bulan ini mengaku, Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri peringatan Hari Santri 2023 pada 22 Oktober mendatang di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Instrukturnya nanti Insya Allah nanti Presiden Jokowi," ujar Menag Yaqut.

Hari Santri diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden No.22/2015 tentang Hari Santri.

Hari Santri merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini berisi seruan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan melawan pasukan penjajah, hingga memuncak pada perlawanan 10 November 1945, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023