Pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam sukarelawan Mak Ganjar Sumatera Utara (Sumut), kembali meluaskan visi misi Ganjar Pranowo dalam memajukan UMKM daerah.

Kali ini, mereka mengoptimalkan UMKM lokal dengan cara menggelar pelatihan pembuatan dodol khas Serdang Bedagai bersama warga di Desa Petuaran Hilir, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumut Nour Wahyuni mengatakan, pelatihan itu bertujuan agar UMKM dodol semakin berkembang dan mampu memberikan penghasilan tambahan untuk masyarakat.

"Alhamdulillah UMKM-nya untuk di Serdang Bedagai ini memang terkenal dengan dodolnya jadi lebih ditingkatkan lagi dengan pelatihan ini dan warga jadi lebih giat lagi," ujar Nour di lokasi, Rabu (11/10/2023).

Salah satu warga Desa Petuaran Hilir yang mengikuti pelatihan pembuatan dodol bernama Sumiatik, mengaku termotivasi dari sukarelawan Mak Ganjar yang membawa semangat Ganjar Pranowo untuk memajukan perekonomian daerah lewat UMKM.

Dia menyebutkan, Ganjar Pranowo adalah sosok pemimpin yang bijak dalam menangkap permasalahan masyarakat dan mampu menyelesaikannya dengan melibatkan langsung para warga.

"(Ganjar Pranowo) sangat bagus dan sangat bijak karena semua itu untuk membantu kebutuhan masyarakat. Beliau sangat bijaksana, baguslah orangnya (cocok jadi pemimpin)," sebut Sumiatik.
Dengan adanya pelatihan dari Mak Ganjar, dia berharap warga lain bisa ikut bersemangat dalam memproduksi dodol agar mendapat penghasilan tambahan dan juga meningkatkan perekonomian.

"Harapan kami mudah-mudahan warga Desa Petuaran Ilir ini bisa membuat dodol sendiri dan bisa untuk menambah penghasilan perekonomian keluarga," ungkap Sumiatik.

Adapun Capres 2024 yang diusung Mak Ganjar yakni Ganjar Pranowo selama ini dikenal sebagai pemimpin yang peduli dan perhatian terhadap kemajuan UMKM daerah.

Hal itu ditunjukkan Ganjar saat masih menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode kepemimpinannya. Ganjar menelurkan banyak program dan kebijakan yang dikhususkan untuk pelaku usaha.

Bahkan, program Lapak Ganjar yang digagas Ganjar pada awal terlaksananya hanya berlaku di Jawa Tengah.

Namun seiring berjalannya Lapak Ganjar, peminatnya terus membludak hingga dari pelaku usaha seluruh daerah se-Indonesia. Banyak dari bisnis UMKM yang dipromosikan di Lapak Ganjar berkembang hingga ke luar negeri.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023