Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Yuda Setiawan mengimbau hotel-hotel di ibu kota Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan ruang bagi pelaku UMKM memamerkan serta menjual produknya.

"Sebenarnya imbauan ini sudah ada sejak  2022, tetapi lebih ditingkatkan lagi tahun 2023. Program ini berjalan dengan kolaborasi bersama Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan," ujar Yuda kepada ANTARA di Medan, Kamis.

Dia melanjutkan, sejak imbauan dikeluarkan, sudah banyak hotel di Medan yang menjalankannya dengan memberikan tempat khusus di hotelnya untuk pelaku UMKM memajang produknya.

Yuda pun berharap hotel-hotel lain menerapkan kebijakan serupa. "Oleh karena itu imbauan ini perlu ditekankan lagi," kata dia.

Yuda menegaskan, perihal penempatan produk UMKM itu, Pemerintah Kota Medan hanya dapat memberikan imbauan. Tidak ada kewajiban bagi pihak hotel untuk menjalankannya.

 


Akan tetapi, Pemerintah Kota Medan berharap hal tersebut diterapkan dan sangat mengapresiasi hotel yang sudah melaksanakannya. "Semoga yang lain mengikuti," kata dia.

Yuda mencontohkan, salah satu hotel di wilayahnya yang melaksanakan imbauan Pemerintah Kota Medan terkait ruang khusus untuk produk UMKM adalah Hotel Grand Mercure yang berbintang lima.

Dia menambahkan, beragam produk UMKM Medan ditampilkan di sana mulai dari kuliner hingga kriya. Bukan cuma itu, hotel itu juga menggunakan produk UMKM Medan untuk  perlengkapan di kamar hotel.

"Misalnya, mereka menggunakan sabun produksi UMKM Medan di sana," tutur Yuda.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023