Badan Silaturrahim Pondok Pesanteren Padang Lawas ( BSPPL ) berkolaborasi menjalin kerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI) Kabupaten Padang Lawas ( Palas) untuk meyemarakkan acara kegiatan peringatan Hari Santri Nasional ( HSN) tahun 2023 di Palas.

Kerjasama pelaksanaan kegiatan HSN itu, ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman dan kesepakatan bersama, antara Ketua BSPPL H Pauzan Hamidy Hasibuan, S.Ag dengan Ketua HIPMI Palas Putra Mahkota  Alam Hasibuan, SE.

Acara penandatangan nota kesepahaman bersama ( MoU) antara BSPPL dan HIPMI Palas itu, berlangsung di ruang Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu ( PLHUT) komplek Kantor Kemenag Palas, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Selasa ( 3/10) sore. Disaksikan Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan, MA, beserta KTU Ahmad Saidi Hasibun, dan Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Palas Sahut Martua Lubis, S.Ag. Juga Ketua NU Palas Drs H Syafaruddin Hasibuan, MA.

Ketua HIPMI Palas Putra Mahkota mengatakan, partisipasi kerjasama pelaksanaan kegiatan HSN itu, merupakan suatu panggilan jiwa bagi para pengusaha muda, dan para pimpinan, serta pengurus pondok pesantren yang tergabung dalam organisasi HIPMI Palas dan BSPPL.

Kerjasama pelaksanaan acara HSN itu, bertujuan untuk menyemarakkan, sekaligus memberi ruang edukasi bagi masyarakat luas untuk lebih jauh mengenal pesantren melalui beragam acara yang akan ditampilkan panitia dan para santri peserta kegiatan HSN itu. 

,"Kegiatan itu ( HSN) acara kita bersama. untuk itu mari sukseskan dan jadikan bersama kegiatan itu sebagai wahana ajang silaturrahmi untuk mempererat ikatan tali persaudaraan antara kita semua seluruh warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas,"tutur Putra diacara ini.


Ketua Panitia HSN 2023 Sekretaris BSPPL Misbah Fuadi Hasibuan, S.Pdi menyebutkan, pada kegiatan HSN itu nanti pihaknya akan menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan acara tersebut, antara lain, lomba Bintang Vokalis Religi, lomba Shubbanul Wathon, lomba Hadroh, lomba Mars Santri,  lomba Dai, lomba lari 5 Km Putra dan 3 Km Putri. Juga sepak bola liga santri, Futsal, jalan sehat gembira, lomba membaca kitab kuning santri dan lomba nasyid bagi kaum ibu.

,"Kegiatan HSN ini rencananya akan kita mulai pada pertengahan bulan Oktober ini. Pada puncak acara nanti kita akan melaksanakan Padang Lawas Bersolawat, rencananya digelar di lapangan MTSN 1 Palas, bersama ribuan jamaah santri dan masyarakat luas,"terang Misbah.

Dikesempatan yang sama, Ketua BSPPL  H Pauzan Hamidy Hasibuan, mengucapkan terima kasih kepada HIPMI Palas yang telah siap bekerjasama dengan pihaknya untuk pelaksanaan HSN itu di tahun ini.

Ia berharap, pelaksanaan HSN itu nanti dapat bermanfaat, serta bisa dirasakan dan dinikmati langsung oleh masyarakat luas di Palas. 

,"Hari santri milik semua lapisan masyarakat, bukan hanya milik santri. Untuk itu kepada seluruh warga masyarakat Palas, dan Forkopimda mohon dukungannya untuk kesukseskan acara bersama kita itu nanti. Dan, kepada bapak Kakan Kemenag beserta seluruh jajaran, terimakasih atas kepecayaan dan dukungannya kepada kami dengan HIPMI Palas untuk pelaksanaan kegiatan HSN tahun ini Palas,"sambungnya.



Untuk memeriahkan acara HSN tahun 2023 ini, Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan, meminta kepada seluruh pesantren di Palas supaya berperan aktif mengikuti acara kegiatan itu. Dengan mengirimkan peserta masing - masing untuk mengikuti setiap cabang perlombaan di rangkaian acara peringatan HSN itu nanti.

"Mari kita dukung bersama agar momentum pelaksanaan peringatan HSN di Palas membumi. Semoga acara HSN itu nanti diridhoi Allah SWT, dan membawa berkah bagi kita semua, bersama seluruh warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas ke depan, amin,"tutupnya.(*)

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023