Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Sumatera Utara, mendukung percepatan penataan Kesawan, termasuk Kota Lama Kesawan yang ditargetkan pengerjaannya rampung Oktober 2023.

"Sesuai arahan pak wali, semua pihak harus mendukung percepatan penataan kawasan Kesawan. Termasuk penertiban parkir di Jalan Ahmad Yani ini," ucap Kepala Dishub Kota Medan Iswar Lubis di Medan, Senin.

Pihaknya mengaku telah melakukan penertiban parkir tepi jalan, terutama kendaraan roda dua di atas trotoar Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat.

Dari upaya penertiban tersebut, Dishub Kota Medan menertibkan puluhan sepeda motor yang kedapatan terparkir di atas trotoar jalan di barisan gedung tua dan bersejarah ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan pengerjaan penataan kawasan Kesawan, termasuk Kota Lama Kesawan sejak 8 Juli 2022.

Pemugaran Kota Lama Kesawan sebagai ikon Kota Medan sekaligus destinasi wisata dengan masa pengerjaan 510 hari kalender hingga 29 November 2023.

"Kita tegaskan trotoar bukan lahan parkir. Kemarin, hari ini dan seterusnya, kita terus melakukan penertiban parkir di atas trotoar, termasuk di kawasan Kesawan," kata dia.

Dikatakannya, sesuai instruksi Wali Kota Medan Bobby Nasution trotoar sebagai fasilitas umum dan harus benar-benar menjadi hak pejalan kaki, dan bukan lahan parkir kendaraan bermotor.

Pihaknya juga mengimbau pengendara sepeda motor agar tidak lagi memarkir kendaraannya di atas trotoar, termasuk di Kesawan yang merupakan kawasan heritage (warisan) dan salah satu dari lima program prioritas Pemkot Medan.

"Para pemilik atau pengelola bangunan di kawasan Kesawan juga kita minta agar tidak mengizinkan atau membiarkan trotoar di depan bangunannya sebagai tempat parkir," tegas Iswar.

Wali Kota Medan Bobby Nasution pada Mei lalu mengatakan pemugaran kawasan Kota Lama Kesawan, yang sedang dalam pengerjaan akan selesai pada Oktober 2023.

"Target kita paling lama Oktober 2023, revitalisasi Kota Lama Kesawan selesai, termasuk Pajak Ikan Lama dan Gedung Warenhuis," kata Bobby. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023