Wali Kota Medan Bobby Nasution menargetkan pembangunan underpass atau jalan bawah tanah di Jalan HM Yamin, tepatnya simpang Jalan Jawa-Jalan Gaharu, Medan, Sumatera Utara selesai dalam waktu 15 bulan.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk berkaitan dengan jaringan utilitas, sehingga pembangunan underpass ini dapat kita wujudkan dalam 15 bulan," kata Bobby dalam peletakan batu pertama pembangunan underpass Jalan HM Yamin, di Medan, Kamis (28/9).

Underpass ini, kata dia, menjadi underpass pertama yang dibangun menggunakan APBD Kota Medan karena APBD haruslah dikelola, dan diperuntukkan kepentingan warga Kota Medan.

Data Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kota Medan menyebut pembangunan underpass Jalan HM Yamin dengan pembiayaan skema tahun jamak APBD Kota Medan 2023 dan 2024 total Rp170.653.456.600.

Underpass ini memiliki panjang 426 meter, dengan lebar 10 meter, dan terowongan 26 meter serta dilengkapi fasilitas pendukung, seperti rumah genset, pompa, dan reservoir berfungsi menampung aliran air hujan.



"Kenapa ini dibuat? Karena APBD Kota Medan yang sebesar Rp7 triliun lebih harus digunakan untuk hal-hal yang memang bisa dirasakan masyarakat manfaatnya," ujar Bobby pula.

Dia melanjutkan, jika APBD Kota Medan digunakan untuk memperbaiki fasilitas yang tidak bisa dinikmati masyarakat atau tidak ada yang dibangun, maka Pemkot Medan tidak bekerja.

Pembangunan underpass Jalan HM Yamin ini dilakukan dengan estimasi pengerjaan di atas 12 bulan. "Kemungkinan selesai 15 bulan. Mudah-mudahan semuanya lancar," katanya lagi.

Wali Kota Medan itu menegaskan dampak pembangunan underpass kemungkinan menimbulkan kemacetan, maka Dinas Perhubungan Kota Medan telah berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Medan.

"Setiap pengerjaan program pembangunan pasti ada dampaknya. Tetapi pasti kami sudah lakukan koordinasi, kalau memang ada arus lalu lintas yang dialihkan," ujarnya pula.




Pihaknya berharap pembangunan underpass ini bisa didukung seluruh lapisan masyarakat, sehingga proses pengerjaan terlaksana dengan baik.

"Mudah-mudahan, siapa pun melewati nanti, menjadi kebaikan baginya dan bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya," kata Bobby pula.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023