Rapat Kerja Cabang Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna (PPTSB) Tapanuli Utara yang digelar di Tarutung menghasilkan sejumlah poin demi kemajuan Toga Sinaga.

"Hasil Rakercab PPTSB Cabang Tapanuli Utara ini diharapkan mampu mempererat kerukunan dan kesatuan serta Persatuan Marga Sinaga serta program kerja yang direncanakan dapat direalisasikan dengan baik demi meningkatkan kesejahteraan  marga Sinaga yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara," ujar Ketua PPTSB Taput, Kijo Sinaga, Rabu (27/9).

Adapun kegiatan Rakercab menghasilkan sejumlah poin penting untuk direalisasikan yakni, Iuran dari sektor per KK setiap bulan untuk cabang, wilayah, dan PPTSB Pusat, merealisasikan pembuatan pakan ternak sebagai salah satu sumber Kas PPTSB Taput, merencanakan Hari Ulang Tahun PPTSB Taput, merealisasikan kerjasama dengan IT DEL Laguboti untuk program air siap diminum dan pelaksanaan 'try out' bagi siswa kelas III tingkat SLTA dan program bedah rumah secara berkelanjutan.

Juga poin lainnya, yaitu pemberian beasiswa bagi anak sekolah, pengurus cabang mengkoordinasikan dengan Pemda dan pihak ketiga terkait bantuan alat pertanian dan bantuan lainnya, membantu warga PPTSB Taput yang belum memiliki dokumen kependudukan seperti KTP, KK dan KIP.

Serta merealisasikan pengadaan tanah untuk kantor PPTSB Taput, kursus-kursus  bagi anak sekolah, mengembangkan minat bagi generasi muda PPTSB melalui kerjasama dengan karang Taruna Taput, dan melaksanakan Natal bersama pada 10 Desember 2023 di Gedung Serbaguna Tarutung.

Kegiatan Rakercab yang digelar baru-baru ini dipimpin dan dibuka oleh Ketua Cabang PPTSB Taput Kijo Sinaga dan diikuti 150 peserta, yakni penasehat PPTSB Cabang Taput, Pengurus PPTSB Taput, seluruh pengurus sektor-sektor yang ada di Taput yang berjumlah 52 sektor.

Frido Erwin Sinaga, anggota DPRD Taput yang diberikan kesempatan memberikan pemaparan mengungkapkan bahwa manfaat dari organisasi tersebut bukan hanya sekedar untuk melaksanakan adat, tetapi bagaimana punguan itu dapat membantu dan memberikan kesejahteraan bagi Pomparan Toga Sinaga. 

Hal ini sudah dilakukan PPTSB Tapanuli Utara melalui berbagai program bedah rumah, pelayanan kesehatan gratis, memfasilitasi bantuan alat alat pertanian, bibit pertanian, perikanan, dan lainnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023