Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu berharap, muda-mudi di kabupaten itu dapat semakin tertarik menatap peluang masa depan di bidang pertanian.

Harapan itu, Ia sampaikan usai menghadiri Gelar Karya Tani Mandiri (GKTM) dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional tahun 2023 bertema "Local To Global", di Sopo Daganak, Batang Toru, Senin (25/9).

Ajakan agar muda-mudi Tapsel tertarik mengingat 70 persen kondisi kehidupan sosial kemasyarakatan Tapsel adalah pertanian. Agar ke depan bagaimana kaum milenial menjadi aktor dan motor majunya pertanian Tapsel.

Pemerintah Kabupaten sangat mendukung. Potensi 70 persen pertanian di kelola secara optimal akan dapat meningkatkan produktivitas pertanian yang pada muaranya peningkatan ekonomi warga.

Kegiatan GKTM ini sekaligus pengumuman pemenang 15 orang petani aktor milenial tingkat kabupaten tahun 2023 kerjasama PT.Agincourt Resources (AR) dan Pemkab (Dinas Pertanian) Tapsel. 
 

Kepada 15 orang yang belum berhasil menang, Bupati juga tidak lupa memberikan semangat dan motivasi sekaligus dapat tetap memajukan pertanian di wilayah itu.

"Semoga kehadiran petani aktor milenial di bantu PPL serta pemangku kepentingan lain (seperti PT AR) dapat mendorong kemandirian pertanian dan agribisnis Tapsel secara umum, samping melahirkan regenerasi petani masa depan," harap Bupati.

Ia juga menyinggung program SMK Bisa, Santripreneur, Poso-Poso Preneur dan Wiradiba, yang keseluruhan program kaum milenial dengan memanfaatkan digital ini mulai menunjukkan hasil, dimana berbagai produk Tapsel mulai diminati masyarakat.

Sementara Manager Operation PT AR, Rahmat Lubis, mengatakan pihaknya sangat siap mendukung program Pemkab Tapsel termasuk mewujudkan petani milenial tersebut.

Bahkan, Rahmat menyebut, sangat senang  bilamana anak muda sekarang dapat mengelola sumber pertanian di daerah nya masing-masing daripada mencari pekerjaan  ke kota tetapi belum jelas.

Dalam kesempatan acara GKTM ini Bupati meninjau sejumlah stand pameran di halaman lokasi acara di Sopo Daganak, Batang Toru menyangkut produk-produk pertanian dari wilayah kerja BPP Dinas Pertanian Tapsel.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023