Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu panen perdana Bawang Merah lahan kelompok tani (Koptan) Tunas Muda Kelurahan Arse Nauli, Kecamatan Arse, di Kabupaten itu pada Rabu (20/9).

Bawang varietas batu ijo yang di panen itu seluas satu hektare dari atas lahan dua hektare. Produktivitas nya cukup baik sekitar 15 ton per hektare setelah ubin dengan umur 75 hari setelah masa tanam.

Bupati sangat senang atas hasil panen bawang merah itu."Saya mengapresiasi kegigihan dan semangat koptan Tunas Muda mengembangkan bawang merah ini," kata Bupati.

Khusus kepada BPP dan PPL Dinas Pertanian, Bupati mengingatkan untuk tidak bosan memberikan inovasi kepada para petani dalam rangka mendorong keberhasilan pertanian Tapsel secara umum.

Sementara, Kadis Pertanian Tapsel, Bismark Muaratua, mengatakan panen bawang merah batu ijo perdana ini (non konsumsi). Artinya untuk keperluan bibit tanaman selanjutnya serta koptan lain yang membutuhkan.
 

Ketua Koptan Tunas Muda, Johanes Siregar, mengaku bangga atas hasil produksi budidaya bawang merah yang mereka tanam atas dorongan Bupati Tapsel.

"Panen perdana ini merupakan langkah awal yang baik. Kiranya panen-panen selanjutnya akan dapat lebih  meningkatkan  kesejahteraan bagi para kelompok tani," harapnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Tapsel juga menyalurkan bantuan Provinsi Sumut berupa satu ton bibit bawang merah dan empat ton pupuk organik kepada petani.

Dinas Pertanian Tapsel juga tidak ketinggalan memberi bantuan berupa dua pasang sprayer elektrik, lima bungkus bibit cabai merah, dan dua gulungan mulsa plastik yang diberikan kepada Koptan Tunas Muda.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023