Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Sumatera Utara, menyebutkan sebanyak 1.735 lowongan pekerjaan tersedia pada bursa kerja mini Pemkot Medan di Kantor Camat Medan Tuntungan.

"Job fair (bursa kerja) mini yang kesembilan kali ini menyediakan 1.735 lowongan kerja dari 15 perusahaan," ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Illyan Chandra Simbolon di Medan, Kamis.

Pihaknya mengaku penyelenggaraan pameran bursa kerja mini sengaja memilih tempat di kantor camat agar lebih mendekatkan antara pemberi dan pencari kerja.

Bursa kerja mini Pemkot Medan telah digelar di delapan kantor camat, yakni Medan Deli, Medan Helvetia, Medan Barat, Medan Tembung, Medan Amplas, Medan Marelan, Medan Perjuangan, dan Medan Denai.

"Biasanya kami membuat job fair sekali satu tahun. Namun tahun ini kami berinovasi job fair skala mini di masing-masing kecamatan agar lebih mudah dijangkau masyarakat," katanya.

Dengan dipilihnya kantor camat di Kota Medan sebagai lokasi penyelenggaraan bursa kerja diharapkan lebih efektif dan efisien merekrut para tenaga kerja secara merata.


Data Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan di Agustus 2022 turun menjadi 8,89 persen dari sebelumnya 10,81 persen di Agustus 2021.

"Tentunya kita berharap melalui job fair mini ini dapat mengurangi angka pengangguran secara signifikan sesuai harapan Wali Kota Medan Bapak Bobby Nasution," tutur Illyan.

Elvani Tarigan, warga Medan Tuntungan mengaku antusias mengikuti bursa kerja mini ini untuk mencari informasi lowongan pekerjaan, dan perusahaan yang sedang menerima lamaran.

Dia mengatakan bursa kerja yang digelar di Kantor Camat Medan Tuntungan ini sangat membantu dirinya, karena lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal.

"Tadi lamaran yang kita serahkan langsung ditindaklanjuti oleh perusahaan. Saya ucapkan terima kasih bapak Wali Kota Medan dan Dinas Ketenagakerjaan yang menggelar bursa kerja mini ini," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023