Festival Sisibataslabuhan tahun 2023 yang merupakan program utama kegiatan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar pada 2-3 September, berlangsung aman, lancar dan sukses. 

Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar Muqorobin, Selasa (5/9), menyebut, jumlah pengunjung di lokasi kegiatan, halaman perkantoran, selama dua hari mencapai 15.000 orang. 

Pelaku usaha yg mengikuti festival sebanyak 70 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan total penjualan mencapai Rp220.000.000.

Selain penjualan bazar, juga terdapat kesepakatan bisnis dua pondok pesantren dan satu UMKM dengan rencana kerjasama penjualan sebesar Rp368.000.000.

Sementara promosi penggunaan Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) selama kegiatan berlangsung mencapai kira-kira 14.000 transaksi belanja. 

Dikatakan, kesuksesan festival atas kerjasama Kantor Perwakilan BI Pematang dengan pemerintah kota/kabupaten di wilayah kerja meliputi Pematang Siantar, Simalungun, Batubara, Tanjung Balai, Asahan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan (Sisibataslabuhan). 

Tujuan utama festival sebut Muqorobin, untuk mempromosikan produk UMKM di wilayah Sisibataslabuhan, juga mendorong penggunaan QRIS kepada masyarakat di Sisibataslabuhan. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023