Kepala Kepolisian Resort Langkat AKBP Faisal Rahmat Husain Simatupang memimpin apel gelar pasukan operasi kepolisian kewilayahan Zebra Toba 2023 dengan tema Kamseltibcar Lantas yang kondusif menuju Pemilu Damai 2024, di wilayah hukum Polres Langkat, Senin (4/9) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pejabat utama dan Kapolsek sejajaran Polres Langkat, Pasukan Marinir 8 Tangkahan Lagan, Personel Sub Denpom I/5-3 Pangkalan Brandan, anggota Kodim 0203 Langkat, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Langkat.

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husain Simatupang didampingi Kasat Lantas AKP Maruli Tua Simanjorang menjelaskan giat operasi Zebra Toba 2023 digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 4-17 September 2023.

“Giat Operasi Zebra Toba 2023 digelar selama 14 hari secara serentak seluruh Indonesia, terhitung dari tanggal 4-17 September 2023," tegas Kapolres.

Dimana sasaran diantaranya pengendara atau pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara dibawah umur, pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standar (SNI) dan kendaraan bermotor roda empat yang tidak menggunakan safety belt, pengendara dalam pengaruh alkohol, pengendara atau pengemudi melawan arus dan pengendara atau pengemudi melebihi batas kecepatan.


Untuk itu Kapolres menghimbau kepada masyarakat agar lebih tertib dalam berlalu lintas untuk terciptanya Kamseltibcar lantas di Kabupaten Langkat sehingga dapat mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Kendati personel Sat Lantas sebelumnya telah melakukan berbagai giat di lapangan seperti menyebarkan stiker, sosialisasi dimasyarakat dan edukasi di sekolah-sekolah terkait pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2023, bahkan membagikan hlem secara gratis bagi pengendara sepeda motor yang kedapatan tidak mengunakan hlem.

Faisal Simatupang kembali mengingatkan kepada petugas agar mengedepankan kegiatan secara edukatif, preemtif, preventif serta humanis yang didukung penegakan hukum maupun teguran, serta hindari hal yang dapat menimbulkan kontraproduktif di lapangan saat menjalankan tugas.

Bagi personel yang menjalankan tugas diharapkan senantiasa melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi membangun sinergitas yang baik dalam mewujudkan Kamseltibcar lantas dan kenyamanan serta keamanan di bumi berseri Kabupaten Langkat.

“Kita harapkan dan ingatkan kembali kepada seluruh personel yang sedang menjalankan tugas terkhusus di lapangan agar jangan sampai menimbulkan pro kontra maupun kontraproduktif di masyarakat, apalagi dalam rangkaian kegiatan pemilu maupun partai tertentu agar tidak berimbas ke mana mana," tegas Faisal.

Kasat Lantas AKP Maruli Tua Simanjorang menambahkan, operasi kepolisian kewilayahan Zebra Toba 2023 ini dalam pelaksanaannya dilakukan di beberapa titik jalan lintas umum wilayah hukum Polres Langkat dan secara mobile maupun hunting.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023