Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara Ny. Nawal Lubis Edi Rahmayadi mengunjungi Dekranasda Kabupaten Asahan.

Kunjungan Dekranasda Sumut yang langsung disambut oleh Ketua Dekranasda Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya bertujuan untuk membuka pelatihan pembuatan suvenir yang diikuti oleh 5 Kabupaten/Kota Pantai Timur II di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Asahan, Rabu (30/08).

Ketua Dekranasda Sumut mengatakan Dekranasda sebagai organisasi yang mendukung visi-misi pemerintah daerah memiliki kontribusi membina pelaku usaha kecil.

"Saya juga berharap kegiatan-kegiatan Dekranasda dapat terus dijalankan secara berkesinambungan, sehingga pengerajin kita semakin berdaya saing dan produk-produk kerajinan nusantara berbasis warisan tradisi dan budaya bangsa semakin diminati masyarakat, " ujar Nawal.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Asahan berharap kegiatan tersebut dapat mengembangkan sumberdaya pengerajin, dan menciptakan pelaku usaha baru di 5 Kabupaten/Kota yang mengikuti pelatihan, agar pengerajin dapat menghasilkan produk khas buatan daerah dengan menggunakan wastra daerah masing - masing. 

Titiek juga berharap para peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan tekun dan bersungguh - sungguh sehingga dapat menyerap semua ilmu yang di ajarkan dan jadikan kegiatan ini momentum tumbuhnya semangat kewirausahaan di Kabupaten Asahan. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara Mulyadi Simatupang menjelaskan pelatihan yang digelar adalah suatu bentuk dukungan yang di berikan kepada UKM yang ada di se-putaran Pantai Timur Sumut sebagai pendukung bangkitnya ekonomi daerah, serta menambah penghasilan masyarakat.

 "Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti sebanyak 20 peserta yang berasal dari Kabupaten Kota yang ada di Pantai Timur," ucap Mulyadi.

 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023