Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syamsul Gultom,SKM,MKes mengatakan di era revolusi industri dan menuju era society 5.0, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia.

"Para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan literasi bahasa Inggris," kata Syamsul, dalam sambutannya saat mewisuda 1.377 wisudawan di Gedung Serbaguna Unimed, Selasa (22/08).

Syamsul menyebutkan saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai hal. Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya ada 10 skill yang dibutuhkan di masa depan, yakni ilmuwan yang kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim atau kolaborasi, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, manajemen waktu, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan mengendalikan emosi, berpikir kritis, dan networking. 

"Melalui implementasi kurikulum berbasis KKNI dan penugasan enam tugas wajib dalam setiap mata kuliah, kami yakin saudara semua lulusan Unimed yang di wisuda hari ini, sudah memiliki 10 kompetensi dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja," ucapnya.

Ia mengatakan masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

"Kami yakin saudara mampu berkolaborasi untuk meraih kesuksesan di dunia kerja yang akan menghantarkan saudara dapat hidup sukses yang lebih cemerlang, untuk membahagiakan kedua orang tua dan keluarga," jelasnya.

Rektor menambahkan saat ini pimpinan Universitas Negeri Medan, sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih doktor dan profesor, dan mempertajam relevansi kurikulum dengan dunia kerja melalui pengembangan kurikulum Outcomes Based Education (OBE) berbasis lima literasi, yakni literasi data, teknologi, manusia, informasi dan bahasa, dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja.

Sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang handal, bermutu dan mampu bersaing di dunia kerja, serta juga disiapkan tahun depan ada beberapa Program Studi yang berhasil memperoleh akreditasi internasional.

"Kita juga sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)," kata Syamsul.

Dari jumlah 1.377 wisudawan Unimed terdiri atas 140 orang Lulusan Program Pascasarjana, 168 Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 179    orang Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 88 orang Lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 337 orang      Lulusan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 155 orang Lulusan Fakultas Teknik, 106 orang Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 204 orang Lulusan Fakultas Ekonomi

 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023