Empat pelajar Labuhanbatu Utara berhasil mengukir prestasi dengan meraih juara pada Kejuaraan Merdeka Run Pelajar se-Sumut yang berlangsung di arena lintasan atletik PPLP Sunggal Medan Sabtu-Minggu barusan.

Hal itu dikatakan Plt Ketua KONI Labuhanbatu Utara Sofyan Tan kepada wartawan, Senin (21/8). "Labura berhasil meraih juara umum ketiga pada even Gubernur Merdeka Run Pelajar 2023," katanya.

Prestasi tersebut diraih Zaskia Ratu Aprilia dan Aizun Azril Simangunsong, siswa-siswi SMP Muhammadiyah 24 Aekkanopan yang masing-masing meraih medali emas untuk cabang lompat jauh putri dan lari 400 meter putra. 

Kemudian Risa Adinda Maharani, juga siswi SMP Muhammadiyah 24 yang meraih perak untuk cabang lari 100 meter putri serta Novita Indriati Hasibuan, siswi SMA Muhammadiyah 09 Aekkanopan yang meraih perak di cabang lompat jauh putri.

Dikatakannya, panitia pelaksana dari PASI Sumut memberikan kepercayaan kepada Plt Ketua KONI Labura untuk menyerahkan hadiah kepada para juara tersebut. "Ini membuktikan kalau atlet Labura berpotensi meraih prestasi," ujarnya.

Apalagi bila potensi tersebut didukung dengan sarana dan prasarana serta pelatih yang lebih memadai untuk cabang atletik tersebut, maka peluang meraih prestasi yang lebih baik terbuka luas, imbuhnya. 

Disebutkannya, Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM berkomitmen untuk memajukan atletik. Untuk itu, dirinya terus melakukan kordinasi dengan Kadisporapar Ismail Efendi Rambe serta Kabidpora Irvan Candra Pane.

Pada bagian lain, Sofyan Tan juga menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan Labura di bawah kepemimpinan Irwan Harahap dan Sekretarisnya Mara Pimpin Hasibuan sedang mengemas satu wadah organisasinya yakni Badan Pembina Olahraga Seluruh Indonesia (BAPOPSI).

Diharapkan dengan adanya wadah tersebut maka pengelolaan seluruh kegiatan olah raga pelajar baik tingkat SD, SMP maupun SMA sederajat dapat lebih tertata dan tersalur dengan baik.

"Dengan wadah ini tentu pengelolaan lebih legal dan dapat melibatkan guru olahraga di delapan kecamatan yang ada di Labura. Harapannya, seluruh atlit pelajar kita dari berbagai cabang unggulan dapat  disiapkan dan terdata dengan permanen," terangnya.

Sebelum mengakhiri keterangannya Sofyan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan masukan Bupati Labura Hendriyanto Siitorus. 

Demikian juga dengan lembaga pendidikan Muhamadiyah serta guru olahraganya yang telah berperan aktif membangun dunia olahraga melalui pendidikan sekolah ataupun ekstrakurikuler sehingga mampu mengharumkan Labura.
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023