Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap seluruh atlet atletik dapat memanfaatkan kejuaraan atletik Merdeka Run Piala Gubernur 2023 sebagai ajang persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

“Kejuaraan daerah ini merupakan sarana pengembangan prestasi dan tolok ukur untuk menilai perkembangan dan kemajuan pembinaan atlet di Sumut, sekaligus persiapan atlet di kabupaten/kota untuk PON 2024," ujar Edy Rahmayadi saat membuka perlombaan atletik Merdeka Run Piala Gubernur di Lapangan Atletik Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Medan, Sabtu.

Ia juga berharap kejuaraan tersebut mampu menciptakan pola pembinaan atletik yang berkesinambungan sehingga dapat melahirkan atlet yang andal untuk dibanggakan.

"Perlombaan ini diikuti sekitar 500 atlet yang berasal dari 15 kabupaten/kota se-Sumut," kata Edy Rahmayadi.
Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini juga mengatakan atletik merupakan olahraga yang menjunjung tinggi nilai budi pekerti dan sportivitas.

Kejuaraan daerah tersebut, juga diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk menekuni olahraga tersebut.

"Atlet atletik dari Sumut sudah banyak mengharumkan nama bangsa," sebut Edy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian menyampaikan Kejuaraan Piala Gubernur tersebut diikuti ratusan peserta yang terdiri dari pelajar SMP, Mts, SMA, SMK dan MA sederajat.

"Adapun nomor yang diperlombakan di antaranya lari 100 meter, lari 200 meter, lari 400 meter, lempar jauh, dan tolak peluru. Total hadiah mencapai Rp80 juta," ujar Baharuddin.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023