Penyuluh pertanian Pemerintah Kota Padangsidimpuan menggelar pelatihan penting dalam rangka memajukan sektor pertanian. Kegiatan pelatihan ini, yang difokuskan pada penggunaan alat dan mesin pertanian, diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari penyuluh dan petani se Kota Padangsidimpuan, ucap Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Bustanul Arifin Dalimunthe, Jum’at (11/8).

Lanjut Bustanul, narasumber yang mengisi sesi pelatihan berasal dari perusahaan ternama dalam industri pertanian di Indonesia, yakni PT. Quick sehingga para peserta pelatihan mendapatkan wawasan mendalam mengenai beragam teknik modern dalam penggunaan alat dan mesin pertanian. Dengan demikian, diharapkan peserta dapat lebih siap dalam mengadopsi teknologi mutakhir guna meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah ini.

Tambah Bustanul Arifin Dalimunthe menyampaikan urgensi acara ini. "Pelatihan penggunaan alat dan mesin pertanian ini adalah langkah konkret dalam mendukung pertanian berkelanjutan di wilayah kita. Dengan pemahaman yang semakin mendalam tentang alat dan mesin modern, diharapkan petani mampu mengoptimalkan penggunaannya dan pada gilirannya meningkatkan hasil panen yang berkualitas."
 

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara penyuluh dan petani dalam menerapkan teknologi canggih. "Kegiatan ini membawa penyuluh dan petani ke dalam lingkungan yang sama, di mana mereka bersama-sama dapat mempelajari dan menerapkan teknik terbaru dalam pertanian. Kolaborasi ini tidak hanya memperkaya pengetahuan, tetapi juga membangun jaringan yang kuat dalam sektor pertanian."

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya proaktif Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan guna mendorong modernisasi pertanian. Dengan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam penerapan teknologi alat dan mesin pertanian, diharapkan lahan pertanian di Padangsidimpuan dapat dimanfaatkan secara lebih efisien, meningkatkan hasil panen, dan berkontribusi positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani serta ketersediaan pangan lokal.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023