Penutupan Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan tahun 2023 menampilkan pesta kembang api yang menghiasi langit dengan beraneka raga warna dan suara 

Penampilan kembang api tersebut membuat suasana semakin meriah dan menjadi perhatian pengujung PSBD. “ Siapapun Bupati - nya kedepan, diharapkan agenda PSBD 2 tahunan ini dapat diteruskan,” ucap Bupati Asahan, H Surya.

Bupati juga menjelaskan tujuan dan maksud di gelarnya PSBD Asahan. Bahwa sebelumnya PSBD ini merupakan ide dari Alm Sopian Yoga (Ketua Korpri dan Ketua Forkala, Alm Taufan Gama Simatupang (Bupati) dan Bupati Asahan, H Surya.

“ Sejarah ini harus saya jelaskan, agar ke depan tidak dipolitisir,” ujarnya sembari mengapresiasi kepada panitia yang telah bekerja keras melaksanakan PSBD.

Selain pesta kembang api, panitia PSBD juga menampilkan sejumlah rangkaian acara. Diantaranya pemberian penghargaan kepada keluarga besar Alm Taufan Gama Simatupang dan Alm Sopian Yoga yang merupakan pengagas PSBD tersebut, hiburan rakyat, dan penyerahan pertapakan rumah etnis kepada 6 etnis serta menyerahkan tropi pemenang kepada sejumlah etnis.
 

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan, para etnis dan seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan pagelaran seni daerah ini,” kata Ketua Panitia PSBD, Nauli Siregar, Senin (07/08.)

Pagelaran seni yang berlangsung 16 hari tersebut berjalan dengan sukses dan lancar. Bahkan para UMKM, penyedia permainan dan tukang parkir ikut merasakan kesuksesan acara daerah tersebut. Karena pihaknya merasakan keuntungan dengan adanya PSBD. 

“ Alhamdulilah ada rezeki di PSBD ini,” ucap Herman penjual makanan, sembari meminta pemerintah terus mengagendakan kegiatan tersebut.

 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023