Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengemukakan pengelolaan sekolah yang baik memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan prestasi para siswa.

"Kalian (kepala sekolah, red.) ajari murid-murid itu, bagaimana mereka berprestasi, mereka akan menjadi pemimpin bangsa ini," kata dia saat melantik secara luring dan daring 251 kepala SMA, SMK, dan SLB di daerah itu di Medan, Jumat.

Ia memberi instruksi kepada para kepala sekolah di daerah tersebut untuk mengelola sekolah masing-masing dengan baik agar menjadikan para siswa memperoleh perkembangan prestasi terbaiknya.

Selain itu, kata dia, kepala sekolah cerminan keadaan sekolah sehingga mereka harus memberi teladan yang baik kepada anak didik dan tenaga pengajar.

"Murid ini perlu motivasi untuk belajar, contoh teladan itu kepala sekolah, pakaian dan sikapnya, itu kepala sekolah, jadi kalau saya mau lihat sekolahannya saya cukup lihat kepala sekolah," ujarnya.
 

Edy Rahmayadi yang juga mantan Pangdam I/Bukit Barisan itu, meminta kepala sekolah mengoptimalkan pemanfaatan jam belajar untuk mendorong peningkatan kualitas keilmuan para siswa.

Selain itu, katanya, mereka harus melakukan pembinaan terhadap guru.

"Karena itu, kepala sekolah harus memetakan sasaran pembelajaran jangka pendek dan jaga panjang, siapapun murid yang ada di situ semua adalah tanggung jawabmu," ujar dia.

Ia juga mengatakan bahwa guru memiliki peran penting, terutama melalui sektor pendidikan, bagi kemajuan pembangunan daerah.

"Guru sangat dibutuhkan untuk membangun daerah dari sektor pendidikan," ujar Edy Rahmayadi.

Pada acara itu, antara lain dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S. Trinugroho, Kepala Badan Kepegawaian Safruddin, Kadis Kesehatan Alwi Mujahit Hasibuan, serta Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Rajali.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023