Pelaksana Tugas Bupati Langkat Syah Afandin menghadiri Road Show Sosialisasi Kampung Beasiswa di Kabupaten Langkat, bertempat di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, di Stabat, Selasa (1/8).

Syah Afandin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsk Sumatera Utara yang telah berkenan melaksanakan kegiatan ini di Kabupaten langkat. 

"Ini pastinya akan bermanfaat bagi para pelajar sebagai peserta kegiatan untuk membuka pola pikir dan cara pandang mengenai pendidikan secara lebih luas," ujarnya. 

Maka berkaitan dengan itu melalui kegiatan ini, Afandin berharap akan menumbuhkan pemahaman dalam diri para pelajar kabupaten langkat agar berkeinginan menimba ilmu yang setinggi-tingginya. 

"Sebab dengan ilmu maka kalian akan meraih kesuksesan nantinya," sambungnya.

Selanjutnya seusai dengan tema hari ini "Kiat Sukses Mewujudkan Mimpi Kuliah Dengan Beasiswa" Afandin berpesan kepada ananda sekalian para siswa siswi untuk berusaha keras dalam upaya meraih impian menempuh pendidikan pada jenjang universitas sebagaimana yang di inginkan. 

Ia juga menyampaikan bahwa ada 10.000 beasiswa PIP untuk pelajar SLTA sederajat dari Kemendikbudristek RI dapat terealisasi secara maksimal di Kabupaten Langkat. 

Syah Afandin juga menyampaikan bahwa untuk membuat dunia pendidikan di Kabupaten Langkat dengan SDM yang berkualitas maka beliau juga membuat  program unggulan, yakni mengajak kepala desa untuk menganggarkan Dana Desa menjalankan program beasiswa kuliah bagi pelajar berprestasi yang kurang mampu dalam segi keuangan yaitu satu desa lima orang sarjana. 

"Dimana Kabupaten Langkat mempunyai 240 desa sehingga bisa tercipta 1.200 lulusan sarjana per satu periode," jelasnya. 

Hal tersebut dilakukan, untuk meningkatkan SDM di desa masing- masing, sehingga nantinya akan banyak sarjana sarjana muda yang ikut berkontribusi dalam mengisi pembangunan di desa. 

Tim Ahli Kampung Beasiswa Disdik Provinsi Sumatera Utara M.Wahyu Hidayah menyampaikan kehadiran Kampung Beasiswa di Kabupaten Langkat sebagai upaya untuk mensosialisasikan informasi beasiswa yang ada di Indonesia kepada para pelajar SMA sederajat yang ada di daerah ini yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan, terlebih lagi beasiswa daerah yang dikeluarkan oleh Pemprov Sumut. 

Program ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan taraf pendidikan di Sumatera Utara dan Langkat. "Harapannya program-program beasiswa yang digagas oleh Pemprov Sumut maupun Pemkab Langkat  dapat berjalan selaras untuk meningkatkan sumber daya manusia di kabupaten Langkat," ujarnya. 

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023