Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara memberikan layanan gratis kepada pengunjung Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang berlangsung di Komplek PRSU, Jalan Gatot Subroto, Medan.

"Pelayanan kesehatan gratis yang diberikan sebagai bentuk turut serta partisipasi memeriahkan dan menyukseskan PRSU ke-49," ujar Petugas Dinas Kesehatan, Only Yosephin di Medan, Sabtu.

Dinkes Sumut melayani pemeriksaan gratis seperti, cek gula, darah, asam urat, kolestrol, pemberian kacamata gratis dan vitamin mata dan games kesehatan dan yang lainnya.

"Kita juga melayani hipnoterapi untuk berhenti merokok di sini," kata Only.

Only menuturkan, layanan hipnoterapi untuk berhenti merokok dilakukan oleh dokter yang sudah terlatih untuk membantu pasien perokok oleh Kementrian Kesehatan RI.

"Kita minta dokter ini memberikan hipnoterapi kepada orang-orang yang berusaha untuk berhenti merokok,” kata Only.
Menurut dia, ada beberapa jenis terapi yang biasa digunakan untuk berhenti merokok, seperti berbentuk pijat atau totok hingga psikoterapi.

"Ada beberapa mekanisme, ada yang di totok sehingga dapat titik rangsang supaya perokoknya bisa berhenti. Ada juga psikoterapi, hingga pijat tradisional," sebutnya.

Salah seorang pengunjung PRSU, Warti mengatakan dirinya mencoba melakukan cek gula darah serta kolestrol di stan Dinas Kesehatan Sumatera Utara.

"Lumayan membantu untuk mengecek gula darah dan edukasi ya kepada kami yang sudah lansia ini. Edukasinya seperti bagaimana menjaga gula darah stabil, jaga makanan dan olahraga teratur serta istirahat yang cukup," ujar Warti.

Ia berharap ke depan lebih banyak petugas yang mengajak pengunjung untuk mampir di stan-stan kesehatan di PRSU.

"Ya kalau bisa lebih ramai lagi yang datang dan petugasnya juga lebih aktif mengajak masyarakat untuk bergaya hidup sehat," ujar Warti.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023