Pangdam I/BB Mayjen TNI A Daniel Chardin menyiapkan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 6/Naga Karimata yang bakal dikirim menjadi satgas pamtas RI-Republik Demokratik Timor Leste di wilayah Nusa Tenggara Timur.

"Latihan ini adalah bekal di daerah penugasan. Tugas operasi merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi seorang prajurit TNI, khususnya prajurit Yonkav 6/Naga Karimata yang melaksanakan pengamanan perbatasan negara," ucap Daniel di Mako Yonkav 6/Naga Karimata, Medan, Kamis (13/7).

Pangdam I/BB mengatakan, bahwa latihan ini merupakan bentuk perhatian dari komando guna meningkatkan kemampuan sumber daya prajurit profesional setiap melaksanakan tugas.
 
Selain mengasah naluri tempur lebih mumpuni, lanjut dia, setiap prajurit juga harus memiliki kemampuan teritorial disertai pedoman sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI.

"Apabila dihadapkan di medan sesungguhnya, maka tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik," katanya.
 

Pangdam I/BB juga mengingatkan kepada penyelenggara maupun pelaku latihan agar dilakukan evaluasi, sehingga kekurangan tidak terulang lagi pada latihan berikutnya.

"Evaluasi dan koreksi latihan merupakan masukan untuk perbaikan ke depan. Terakhir lakukan cek personel dan materiil, sebagai tahap akhir latihan ini," ungkap Pangdam Daniel. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023