Sebanyak 63 pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan, Sumatera Utara, mulai inspektur hingga camat menandatangani pernyataan komitmen pelaksanaan budaya kerja aparatur sipil negara (ASN) Ber-AKHLAK.

Wali Kota Medan Bobby Nasution di Medan, Sumut, Senin, menyebut nilai inti Ber-AKHLAK merupakan akronim berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

"Ber-AKHLAK ini mendorong seluruh ASN Pemkot Medan menciptakan reformasi birokrasi yang lebih baik, terukur dan jadi penopang laju pembangunan di Kota Medan," ucapnya.

Wali kota menyatakan core values (nilai-nilai inti) ASN ini bertujuan menyeragamkan nilai-nilai dasar, sehingga menjadi pondasi kerja ASN di lingkungan Pemkot Medan yang profesional.

Para pejabat Pemkot Medan itu menyatakan komitmen untuk memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat, bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan, terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.

Lalu saling peduli dan menghargai perbedaan, berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan, dan membangun kerja sama yang sinergi.
Selain menyaksikan penandatanganan, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga menandatangani Surat Edaran tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemkot Medan.

Dalam surat edaran ini antara lain core values harus diterapkan seluruh ASN di lingkungan Kota Medan adalah Ber-AKHLAK dan employer branding ASN di lingkungan Pemkot Medan adalah #Bangga Melayani Bangsa.

"Kebijakan core values ASN Ber-AKHLAK jadi standar bagi seluruh ASN Pemkot Medan, terutama menilai kinerja serta progres yang dilakukan oleh ASN," ungkap Bobby.

Kepala Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Janri Haposan UP Simanungkalit memaparkan perjalanan dengan core values ASN Ber-AKHLAK.

Pada 21 Juli 2021, sebutnya, dilakukan peluncuran core values ASN Ber-AKHLAK dan employer branding "Bangga Melayani Bangsa" oleh Presiden Joko Widodo.

"Selanjutnya pada rentang 2022-2033 core values ini dilakukan diaktivasi," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023