Pelaksana Tugas Bupati Langkat Syah Afandin menyerahkan bantuan bedah rumah dan kursi roda dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Langkat kepada warga Desa Teluk Meku Kecamatan Babalan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Langkat Sahmadi, di Stabat, Senin (10/7).

Saat penyerahan hasil bedah rumah dan bantuan kursi roda itu Syah Afandin didampingi Ketua Baznas Langkat Tantawi Zauhari, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan keuangan Sutrisuanto, Kabag Umum Mahardika Sastra Nasution, Camat Babalan Restra Yudha, dan Kepala Desa Teluk Meku Jamaludin.

Syah Afandin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada unsur pimpinan Baznas karena telah membuat program yang begitu sarat manfaat bagi masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan sebagai salah satu pembuktian kinerja Baznas untuk umat. 

"Kita sama maklumi bahwa Baznas Langkat khususnya mengelola dana umat yang berasal dari infaq, sedekah maupun zakat tidak saja dari ASN akan tetapi dari pihak BUMN/BUMD, swasta dan perorangan yang mempercayakan pembayarannya ke Baznas Langkat," katanya.

Bantuan ini merupakan bagian dari amanah umat yang harus ditunaikan oleh pengurus Baznas Langkat sejalan dengan pengentasan kemiskinan yang menjadi salah satu perhatian pemerintah. 

Selanjutnya, dirinya meminta kepada keluarga penerima bantuan bedah rumah dan kursi roda untuk dapat mensyukuri apa yang diperoleh  di mana ini merupakan bentuk kehadiran Baznas bersama pemerintah guna memberi sedikit kebahagiaan bagi saudara-saudara yang membutuhkan. 

"Manfaatkan bantuan ini dengan rasa syukur sehingga nikmat yang ada menjadi berkah dan bertambah," pesannya. 

Syah Afandin menambahkan ada target 933 unit bedah rumah program pemerintah Kabupaten Langkat pada tahun 2023 di Desa Teluk Meku, Desa Securai Selatan dan Alur Dua yang baru selesai 163 unit.  

Sementara untuk Langkat Hilir ada 143 unit, Langkat Hulu ada 86 unit pada tahun 2022, sementara untuk Teluk Aru ada 140 unit. 

Ketua Baznas Kabupaten Langkat Tantawi Zauhari menyampaikan bantuan bedah rumah dan kursi roda ini merupakan program dari Baznas Kabupaten Langkat yang dananya bersumber dari zakat ASN, pegawai BUMN, sebesar Rp24.422.000.

Selain itu ada juga bantuan dari muzaki perorangan Desa Teluk Meku yaitu dari Zulhadi Hakim, Edi Riswanto, Abdul Salim berupa kayu 34 batang dan dari Kades Teluk Meku 10 sak semen. 

"Bantuan bedah rumah layak huni diberikan kepada M. Ali Napiah (37) dan  dua kursi roda kepada Rudimansyah (52) dan Usman (55) penduduk desa Teluk Meku Kecamatan Babalan," ujar Thantawi.



 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023