Ketua Senat Universitas Negeri Medan Prof Dr Syawal Gultom, MPd dianugerahi sebagai Tokoh Pendidikan Indonesia dalam Forum Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) 2023 yang diselenggarakan di  Yogyakarta, 5-7 Juli 2023.

Forum FIP-JIP ini merupakan wadah organisasi bagi seluruh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan di Indonesia untuk berkolaborasi, berkoordinasi dan berkarya dalam pengembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia melalui peningkatan mutu pendidikan di masing-masing kampus.

"Selamat kepada Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom, MPd yang mendapat penganugerahan dan didaulat sebagai Tokoh Pendidikan Indonesia yang diberikan oleh Forum FIP-JIP Indonesia Tahun 2023 di Yogyakarta," ucap Rektor Unimed Prof Dr Syamsul Gultom, SKM, MKes, dalam keterangan diterima, Kamis.

Syamsul menyebutkan kabar ini menjadi kebanggaan seluruh sivitas akademika Unimed, karena penganugerahan ini diberikan dalam forum resmi FIP-JIP.

Penghargaan sebagai Tokoh Pendidikan Indonesia yang diberikan oleh forum FIP-JIP Indonesia ini sudah hasil dari kajian para pakar Pendidikan Indonesia yang tergabung dalam forum tersebut.

"Penghargaan ini buah dari dedikasi, totalitas, konsistensi, dan tanggung jawab Prof Syawal sebagai pejuang pendidikan di negeri ini melahirkan apresiasi," ucapnya.

Ia mengatakan Prof Syawal merupakan seorang tokoh yang memiliki jasa dalam meletakkan sistem pendidikan Indonesia dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, saat beliau diamanahkan oleh pemerintah sebagai Kepala Badan SDMPK dan PMK di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Saat itu Mendikbudnya adalah Prof Dr Muhammad Nuh, DEA, dan Prof Syawal juga sukses menjadi Rektor Unimed selama dua periode. 

"Semoga penganugerahan ini dapat meningkatkan motivasi secara berkelanjutan di kalangan sivitas akademika Unimed untuk terus berkarya, bekerja lebih keras dan lebih cerdas dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dan meningkatkan produktivitas ke depannya, serta kita semua dapat terus memberikan kontribusi yang nyata untuk kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia," jelasnya.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023