Pemkot Pematang Siantar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar bimbingan teknis Penyusunan Master Plan Kota Cerdas atau Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap I.

Penyusunan Master Plan Kota Cerdas tersebut sebagai tindak lanjut Nota Kesepakatan antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI dengan Pemkot Pematang Siantar tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna Pemkot Pematang Siantar 3-4 Juli 2023. 

Wali Kota Pematang Siantar diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely menyampaikan visi Kota Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas harus bisa diwujudkan dengan berbagai strategi

Satu di antaranya dengan transisi menuju penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola berbagai aspek kehidupan kota. 


Kota Pematang Siantar telah mulai membangun beberapa fasilitas pendukung Kota Cerdas, seperti enam titik CCTV Lalu Lintas dan 11 titi Wifi publik, serta infrastruktur lainnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pematang Siantar Johannes Sihombing SSTP MSi dalam laporan menyampaikan, bimbingan teknis tatap muka diikuti 17 dinas, lima badan, delapan kecamatan, Inspektorat, Sekretariat DPRD, Sekretariat Daerah, Satpol PP, dan RSUD dr Djasamen Saragih.

Sedangkan untuk staf di 53 kelurahan bimbingan teknis penyusunan Kota Cerdas melalui zoom meeting.

Bimbingan teknis meliputi tentang Analisis Masa Depan, Analisis Kondisi Eksternal, Analisis Kesiapan Daerah, Analisis Kesenjangan, Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman melalui Analisis SWOT, dan juga Visi Pembangunan Kota Cerdas di Kota Pematang Siantar. 

Organisasi Perangkat Daerah kata Johannes, dibagi ke dalam fokus masing-masing sesuai elemen agar dapat melakukan analisis dan mengambil kesimpulan masalah maupun solusi dengan lebih terarah dan terstruktur. 


 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023