Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit dan penggiat olahraga dari berbagai pelosok kabupaten/kota di wilayah ini.

"Fornas diharapkan menjadi salah satu kegiatan yang mendukung untuk memajukan prestasi olahraga di Sumut," ujar Edy Rahmayadi di Medan, Minggu.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini juga mengatakan Fornas ini tidak hanya sekadar menghadirkan masyarakat yang berfisik bugar dan bermental juara, namun bagaimana menumbuhkan semangat dan gemar berolahraga di kalangan masyarakat.

"Karena selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang," kata Edy.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi melepas keberangkatan 326 atlet dan 51 ofisial kontingen Provinsi Sumut untuk mengikuti Festival Olahraga Masyarakat Nasional VII yang diselenggarakan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 2-9 Juli 2023.
Pelepasan kontingen ini ditandai dengan penyerahan bendera pataka Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumut oleh Gubernur kepada Ketua Umum KORMI Sumut Baharuddin Siagian, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Sabtu (1/7).

"Saudara-saudaraku, selamat jalan, selamat bertanding, jangan pernah kau menyerah, pastikan kau bisa, hingga kau tidak pernah gagal, perkara kau mendapat medali atau tidak itu urusan nanti, tapi jangan coba-coba kau menyerah," tuturnya.

Ketua Umum KORMI Sumut Baharuddin Siagian mengatakan yang ikut dalam Fornas VII ini ada 326 peserta. Dengan jumlah tersebut, ditargetkan dapat meraih posisi minimal 10 besar.

“Tahun 2022 lalu di Palembang kita berada di posisi 12 besar, tahun ini di Bandung mudah-mudahan dengan kekuatan 326 penggiat olahraga ini kita bisa menorehkan prestasi terbaik untuk Sumut, mininal di posisi 10 besar, karena provinsi lain ada yang mengirim 500 hingga 700 atlet," ujarnya.

Ia menuturkan kegiatan Fornas ini juga akan dirangkai dengan sosialisasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumut-Aceh 2024.

"Kami juga akan membuat publikasi terkait PON, antara lain tentang apa-apa saja yang telah dilakukan Pemprov Sumut untuk kesiapan sebagai tuan rumah,” kata Baharruddin

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023