Masyarakat dari luar Kota Medan meramaikan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) saat cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Pas pula libur hari raya haji ini ada PRSU, jadi kita bisa menikmati libur panjang di Medan aja," ujar pengunjung dari Kabupaten Langkat, Dewi Sari, di Medan, Sabtu.

Selain menikmati hiburan, kata dia, di PRSU ini masyarakat juga bisa mengenal lebih dalam tentang Provinsi Sumut. Sebab, di sana ada sejumlah stan dari kabupaten/kota se-Sumut yang memperkenalkan daerah masing masing.

"Saya membawa kedua anak saya, jadi selain kami menikmati penampilan para penghibur, saya juga bisa mengenalkan daerah-daerah yang ada di Sumut ini kepada anak-anak saya," kata Dewi.

Pengunjung lainnya, Mira, mengatakan dirinya sengaja datang dari Kota Padangsidempuan untuk sekedar berkunjung ke PRSU dan menikmati libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah.

"Udah direncanakan dari jauh jauh hari, libur panjang ke Medan, sengaja emang datang ke sini, lumayan kita bisa 'cuci mata',"  ujar Mira.

Setelah dari PRSU, Mira, berencana membawa keluarganya ke salah satu tempat wisata rohani di Medan yang juga belum pernah mereka datangi yaitu Masjid Raya Al Mashun.

"Besok rencana ke Masjid Raya, sama ke Istana Maimun, baru Senin pulang ke Padangsidempuan," katanya.

PRSU merupakan even tahunan kebanggaan masyarakat Sumatera Utara yang menampilkan berbagai lomba, pameran produk lokal, acara spesial, pertunjukan musik, malam budaya, acara wisata dan karnaval dari 33 kabupaten/kota.

Kegiatan ini menjadi wadah edukasi untuk anak-anak sekolah dikarenakan terdapat miniatur Provinsi Sumatera Utara yang dapat dilihat berupa paviliun yang unik dan menarik, pementasan kesenian dan budaya 33 kabupaten/kota. Juga terdapat wisata kuliner, produk UMKM dari daerah ada di wilayah ini.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023