Polres Padangsidimpuan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-77 di Alaman Bolak Padang Nadimpu Kota Padangsidimpuan, Sabtu (1/7).

Upacara yang dipimpin Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dwi Prasetyo Wibowo membacakan amanat Presiden Joko Widodo meminta seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia. Agar wajib menegakkan hukum dan keadilan, wajib melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

“Gerak gerik Polri tidak bisa ditutup-tutupi. Hati-hati bisa direkam dan disebarluaskan. Dan setiap saat kepercayaan terhadap Polri akan selalu diuji dan disurvei seberapa tinggi tingkat kepercayaan rakyat,” ujar Presiden.

Presiden pun mengaku senang di momen HUT Bhayangkara kali ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang di awal tahun 2023 sekitar 60%, saat ini sudah naik menjadi di atas 70%. Ini perkembangan baik. Selain itu Presiden pun menekankan soal kewenangan Polri itu besar sehingga harus harus digunakan secara benar dan selurus-lurusnya.

“Tantangan yang dihadapi Polri semakin berat dan masalah kamtibmas harus dikawal ketat. Apalagi kita sudah masuk tahapan Pemilu, pencegahan harus diutamakan dan kita harus mengawal program prioritas nasional. Termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara,” jelas Joko Widodo.
 

Di akhir sambutannya Presiden berharap anggota Polri dapat menjadi Bhayangkara sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, kepada bangsa dan negara untuk kemajuan Indonesia.

“Selamat Hari Bhayangkara dan selamat mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara,” ucap Jokowi.

Usai upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-77 Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM mengucapkan “Selamat Ulang Tahun ke 77 Polri”.

Saya berharap Polri yang presisi dapat diwujudkan untuk menciptakan kamtibmas ditengah-tengah masyarakat, kata Irsan.

Terkait pembentukan Polisi RW di Kota Padangsidimpuan menurut Walikota adalah salah satu bentuk Polri presisi di Kota Padangsidimpuan khususnya, "semakin aman kota kita ini ada Bhabinkamtibmas, ada Babinsa dari TNI dan Polisi RW yang baru saja diresmikan secara nasional," ucap Walikota Padangsidimpuan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023