Bank Mestika kembali melakukan kegiatan bakti sosial donor darah dalam kaitan merayakan HUT Bank Mestika ke-68.

"Donor darah  dilaksanakan di 12 kota dimana jaringan
Kantor Cabang Bank Mestika berada," ujar Presiden Direktur Perseroan, Achmad Kartasmita, di Medan, Senin (26/6/2023). 

Aksi donor darah itu berhasil menghimpun 2.956 kantong darah. 

Di Kantor Pusat Bank Mestika yang berada di Kota Medan, aksi donor darah diikuti peserta sebanyak 207 orang.

Namun yang berhasil mendonorkan darah hanya sebanyak 163 orang, karena 44 orang gagal akibat berbagai faktor seperti HB rendah. 

Kegiatan donor darah di Medan dilakukan dengan menggandeng Museum Perjuangan TNI yang kantornya berdekatan dengan Bank Mestika.

Achmad Kartasasmita menegaskan, kegiatan sosial itu dilakukan sebagai bentuk nyata program tanggung jawab sosial Bank Mestika kepada masyarakat. 

Bakti sosial itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Perseroan setiap tahunnya. "Kegiatan itu sekaligus dilakukan untuk mempromosikan/mengenalkan kepada masyarakat bahwa di kota Medan ada Museum Perjuangan yang berisi peninggalan zaman dahulu kala masa peperangan," ujarnya.

Khususnya juga membantu persediaan darah di Kota Medan dan sekitarnya, termasuk mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan melakukan aksi sosial dengan mendonorkan darahnya. 

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan bukti nyata kepedulian Perseroan terhadap masyarakat dan lingkungan. 
"Perseroan tidak hanya menjalankan bisnis semata, namun turut membangun sekitar untuk keberlanjutan di masa yang akan datang," ujar Achmad Kartasasmita.

Kegiatan yang dihadiri Direktur Umum Yusri Hadi, Corporate Secretary Suharto Kurniawan dan pengawas dari Museum Perjuangan TNI, Letnan Soenyoto itu berlangsung lancar. 

Sekretaris perusahaan Suharto Kurniawan menegaskan, donor darah merupakan kegiatan yang berdampak langsung pada masyarakat.

Melakukan donor darah artinya peduli terhadap sesama dan diri sendiri karena dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

"Bank Mestika juga berterimakasih dengan PMI yang memberikan dukungan penuh," katanya. 

Sebagai apresiasi kepada pendonor darah, Bank Mestika memberikan suvenir.

"Selain donor darah, dalam peringatan HUT Bank Mestika melalui Cabang Padang telah melakukan penanaman 300 batang cemara laut di Kampung Nelayan Pantai Pasir Nan Tigo, yang bertujuan untuk pencegahan abrasi dan pemecah angin badai agar tidak merusak warga serta sebagai bentuk meningkatkan area hijau tepi pantai untuk meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata," katanya.

Peningkatan akses wisata itu diharapkan turut mendongkrak perekonomian kampung nelayan agar tidak hanya bergantung pada hasil mencari ikan.

"Bank Mestika juga telah melaksanakan kegiatan peningkatan literasi keuangan yang ditujukan kepada 245 orang pelajar SMA/SMK di Pangururan Samosir dan 250 orang masyarakat di Desa Wisata Karang Anyar Simalungun dalam program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) yang dinisiasi oleh Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Sumatera Utara (TPAKD)," ujar Suharto Kurniawan.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023