Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr M IIdrem Provinsi Sumatera Utara memamerkan hasil kerajinan tangan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2023.

"Di PRSU ini ada beberapa hasil kerajinan tangan pasien yang dipamerkan, di antaranya ada sandal, bros, bando, dan lainnya dengan harga Rp5.000 sampai Rp20.000 per unit," ujar Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJ Prof Dr M IIdrem Provinsi Sumut, dr Rita Hartuti, Sabtu.

Menurutnya, para pengunjung sangat antusias dengan pameran hasil kerajinan tangan pasien ODGJ. Mereka membelinya sampai-sampai RSJ Dr M IIdrem kehabisan stok.

Ia menjelaskan, upaya membuat kerajinan tangan tersebut memiliki tantangan tersendiri, karena pasien gangguan jiwa itu harus memiliki suasana hati yang baik saat mengerjakannya. 

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar PRSU selama sebulan penuh mulai 16 Juni hingga 17 Juli 2023 dengan berbagai agenda termasuk festival dan pameran produk serta potensi ekonomi daerah.

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut Naslindo Sirait mengatakan PRSU mengangkat tema "Berikan Cinta Terbaikmu" yang mengajak warga Sumut untuk bernostalgia.

"Pemprov Sumut mengajak semua pihak untuk memberikan cerita terbaiknya, tentang apa yang telah dilakukan untuk membawa Sumut lebih bermartabat," ujar Naslindo.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023